Didampingi Wabup Meranti, Sekda Riau Hadiri Panen Raya di Rangsang Barat -->

Didampingi Wabup Meranti, Sekda Riau Hadiri Panen Raya di Rangsang Barat

, Februari 06, 2020
RIAUEXPRESS, MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama Sekretaris Daerah Provinsi Riau Drs. H. Yan Prana Jaya, melakukan Panen Raya di Kecamatan Rangsang Barat, pada kesempatan itu  Wabup menegaskan Pemerintah Daerah akan terus berupaya mendorong peningkatan produksi padi masyarakat melalui pembinaan dan pemberian bantuan untuk mewujudkan Swasembada Beras, bertempat di Desa Bina Maju dan Segomeng, Kecamatan Rangsang Barat, Rabu (05/02/20).

Turut serta dalam rombongan Ketua DPRD Meranti H. Muzamil, Tengku Muhammad Nasir, Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison, Kepala Bappeda Dr. Makmun Murod, Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. Asroruddin, Kepala Dinas PHK Drs. Irmansyah M.Si, Kadis Perikanan Provinsi Riau Ir. Herman

Selanjutnya, Kadis PU Provinsi Riau Ir. M. Taufik, Kepala Badan pengambangan Teknologi Pertanian, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Irwan, Kepala Dinas Perpustakaan Meranti Drs. Husni Gamal, Kepala Dinas Perikanan Meranti Eldi SE, Kadis Perhubungan Meranti Dr. Aready, Kepala Dinas Perindag Meranti Drs. Azza Fahroni, Sekwan DPRD Riau Heri Suhairy S.Sos, Inspektur Meranti Drs. Suhendri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Meranti M. Arif, Kepala Dinas Perkebunan Meranti T. Effendi, Kadis PU H. Herman, Kabag Ortal Meranti Agustia Widodo, Kabag Kominfo Meranti Drs. Wan Fahriarmi, Kepala Dinas Camat Rangsang Barat Juwita Sari, Camat Rangsang Pesisir Drs. Afifudin, Kades Bina Maju Zahari, Camat Rangsang T. Arifin, Kades Segomeng Mulyadi.

Panen Raya Padi ditandai dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Wakil Bupati Meranti dan Sekdaprov Riau bersama Forkopimda, Ketua DPRD, Camat Rangsang Pesisir dan Kepala Desa.

Khusus di Desa Bina Maju Wabup berkesempatan melakukan Lounching Produk Beras Cindani, beras Organik andalan Desa.

Seperti dijelaskan Kepala Desa Bina Maju Zahari, Panen Raya diwilayahnya telah dilakukan selama 2 tahun terakhir hal ini terwujud berkat kekompakan antara Aparatur Desa dengan para kelompok tani yang ada di Desa Bina Maju.

Saat ini lahan sawah di Desa Bina Maju seluas 375 Ha dengan jumlah produksi mencapai 11 ribu Ton/Tahun. Panen padi di Desa Bina Maju telah menghasilkan sebuah produk unggulan yang dikemas dengan nama 'Beras Cindani'.

Pada kesempatan itu, Zahari juga menyampaikan aspirasi kelompok tani yang meminta dilakukan normalisasi sungai dan tanggul karena sudah terjadi pendangkalan sungai. Akibat dari pendangkan sungai ini menyebabkan potensi perkebunan Kopi dan Pinang gagal panen.

"Kami berharap normalisasi sungai ini dapat direalisasikan pada tahun 2020 ini, "harap Zahari.

Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Riau Ir. Herman, menjelaskan berdasarkan data tahun 2019 jumlah produksi padi Riau sebanyak 300 ribu Ton/Tahun dari jumlah itu dengan luas lahan mencapai 4389 Ha yang tersebar di 7 Kecamatan, Kabupaten Meranti memberikan kontribusi sebesar 2.47 persen.

"Perhektar lahan padi di Meranti hanya mampu memproduksi 3.8 Ton/Tahun cukup jauh selisih jika dibandingkan dengan rata-rata Nasional yang perhektarnya mencapai 5 Ton lebih/Tahun, "jelas Herman.

Khusus Desa Bina Maju menghasilkan produksi padi 8200 Ton/Tahun, jumlah ini dikatakan Herman jauh menurun dari tahun sebelumnya yang menghasilkan 11.000 Ton/Tahun.

Selain di Desa Bina Maju Panen Raya Padi juga dilakukan di Desa Segomeng dengan luas lahan 133 Ha yang menghasilkan produksi sebesar 3335 Ton/Tahun.

Agar produksi padi di Riau khususnya Kepulauan Meranti tidak terjadi penurunan, kedepan pihaknya akan melakukan perbaikan dengan penerapan teknologi pengolahan Padi. Kemudian melakukan optimalisasi pengembangan pangan lokal dan mengharapkan kepada masyarakat tidak melakukan alih fungsi lahan secara besar-besaran.**

TerPopuler