Kunjungi Bulog, Wabup Bagus Sebut Perlunya Perdayakan Petani dan Buka Ladang -->

Kunjungi Bulog, Wabup Bagus Sebut Perlunya Perdayakan Petani dan Buka Ladang

, April 11, 2021

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis kini sedang menyiapkan data kebutuhan pangan masyarakat. Data tersebut menjadi dasar bagi Pemkab Bengkalis terkait program pemberdayaan masyarakat melalui UMKM, juga program bantuan Rp 1 milyar/desa.





Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso, saat silaturrahmi ke kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Bengkalis, dan meminta kepada pihak Dinas Ketahanan Pangan, Disdagprin dan Bagian Ekonomi, untuk tetap memperhatikan kebutuhan pangan dengan melakukan pendataan, Kamis (08/04/21). 





Sementara, untuk wilayah kerja Bulog Cabang Bengkalis sendiri di Kabupaten Bengkalis berada di lima Kecamatan, yakni Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana. Sehingga perlu pendataan kebutuhan pangan untuk lima Kecamatan tersebut.





"Artinya perlu dibuatkan data berapa kebutuhan beras untuk pulau Bengkalis, juga kebutuhan daging, ayam potong dan lainnya. Hal ini berkaitan dengan rencana kita yang akan membuka lahan persawahan baru di Desa Pematang Duku dan beberapa desa lainnya, "kata Wabup





Contoh lain kata Bagus, terkait kebutuhan daging ayam di pulau Bengkalis, Pakning dan sekitarnya. Untuk pulau Bengkalis saja satu hari membutuhan 5 ton daging ayam, dan saat ini semua kebutuhan tersebut didatangkan dari luar.





“Kita dorong dan berdayakan masyarakat Bengkalis, tidak sekadar pembinaan dan pendampingan tapi juga memberikan ransangan atau stimulus kepada pelaku usaha. Mengapa harus kita datangkan dari luar, mengapa tidak kita ternak sendiri. Tidak hanya daging ayam tapi kebutuhan dapur lainnya, seperti cabe dan sayur-sayuran,” imbuh Bagus.





Terkait rencana pembukaan lahan sawah baru, ternyata sesuai yang disampaikan Pimcab Bulog Bengkalis, Berdian Damanik bahwa Bulog siap menampung beras petani lokal.”Kerjasama seperti ini sangat kita apresiasi. Tak perlu kawatir kalai panen melimpah mau ‘dibuang’ kemana, Bulog siap menampung berapapun banyaknya, "sebut Bagus lagi.





Sementara itu, Kasi Komersial Bulog Bengkalis, Sri Wahyuni menyampaikan, bahwa stok beras untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan Lebaran tercukupi, bahkan untuk tiga bulan ke depan. Selain beras, Bulog juga menyediakan daging beku dan beras Fortivit. Berras Fortivit adalah beras mengandung vitamin dan mineral. Berbeda dengan kebanyakan beras, produk beras ini tak perlu dicuci lagi sebelum ditanak.





“Beras Fortivit jenis premium yang telah melalui proses fortifikasi didalamnya mengandung nutrisi, seperti vitamin A, B1, B3, B6, B12, zat besi dan zinc, sangat baik untuk ibu hail dan untuk anak-anak balita. Secara garis besar, dengan mengkonsumsi beras ini secara rutin dapat meningkatkan stamina, imunitas tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan tulang, jantung, syaraf, otak dan telinga, "kata dia.





Dijelaskan, sejauh ini sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah Bumdes di pulau Bengkalis. Bagi masyarakat yang ingin membeli beras Fortivit, daging beku serta berbagai kebutuhan pokok lainnya bisa langsung ke Bumdes yang sudah menjalin kerjasama dengan Bulog.**rls


TerPopuler