close


Gali Info Ekonomi Warga, Wabup Meranti Tinjau Pasar dan Pelabuhan -->

Gali Info Ekonomi Warga, Wabup Meranti Tinjau Pasar dan Pelabuhan

, Mei 05, 2021

RIAUEXPRESS, MERANTI - Untuk memastikan kebutuhan sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti melalui Wakil Bupati (Wabup) AKBP (Purn) H. Asmar melakukan peninjauan ke Pasar, Rabu (05/05/21).





Disamping itu, seiring kondisi masih dalam keadaan pandemi Covid-19, Wabup ini juga melakukan peninjauan ke Pelabuhan Tanjung Harapan. Karena menjelang lebaran ini arus mudik dipastikan terjadi lonjakan. Hal ini dilakukan dan memastikan bahwa seluruh masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).





Turut hadir Asisten I Syamsuddin, SH., MH, Asisten II H. Asroruddin, Kasatpol PP Helfandi SE M.Si, Plt. Ka. Disdagprin Abu Hanifah, Kabag Kominfo Wan Fahriarmi, Humas dan Protokol, Perwakilan Polres Iptu. Heri JP, Perwakilan TNI, KSOP dan lainnya.





Peredaran Ekonomi di Pasar Stabil





Lokasi pasar yang ditinjau Wabup Asmar ini diantaranya Pasar Sandang Pangan di jalan Imam Bonjol. Disusul ke Pasar Sungai Juling, yang merupakan tempat jual beli paling ramai di Kota Selatpanjang tersebut, dan berkesempatan berdialog dengan para pedagang di sana.





Informasi hasil dari dialog ini, bahwa untuk penjualan kue lebaran dan pakaian jauh menurun, dimungkinkan karena adanya Pandemi Covid-19, sehingga mengakibatkan lemahnya ekonomi masyarakat.





Walaupun begitu, meski kedua pasar tersebut saat dilakukan peninjauan oleh Wabup Asmar tidak seramai hari-hari biasa, namun dipastikan perputaran ekonomi dikalangan pedagang dan konsumen masih tetap stabil.





Kemudian Wabup memberikan pengarahan kepada seluruh masyarakat di lokasi pasar untuk tetap mematuhi Prokes. Dan bagi pedagang maupun konsumen ditekankan agar tetap menjaga jarak dan memakai masker.





"Sejauh ini, untuk kondusifitas dan keamanan di lokasi pasar, dari pengakuan para pedagang sendiri masih cukup terkendali dan masih berjalan dengan aman. Semoga keamanan ini tetap berlanjut, agar masyarakat tetap nyaman dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari, "kata Wabup kepada wartawan.





Penumpang Kapal Turun Capai 65 persen





Kemudian saat melakukan peninjauan di Pelabuhan Domestik Tanjung Harapan, Wabup H. Asmar menekankan kepada pihak pengelola angkutan laut, untuk menerapkan Prokes secara ketat, dan menyediakan Hand Sanitizer agar penumpang terlindungi Virus Covid-19.






Ketika berdialog dengan penjual Tiket Kapal angkutan antar Kabupaten dan Provinsi, dari pengakuan pejual Tiket kepada Wabup Asmar, bahwa penumpang telah terjadi penurunan hingga 65 persen di bading tahun-tahun sebelumnya.





Penurunan angka penumpang yang kembali maupun bertolak dari Kabupaten Meranti ini, juga sesuai data dari pihak Kantor Kesyabadaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), bahwa rata-rata penumpang bertujuan Balai-Batam hanya berkisar 35 persen.**





Laporan: Martin Raigon. S


TerPopuler