Sekolah Kader Pengawas Partipatif di Bengkalis, Kini Telah Dibuka Bawaslu -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Sekolah Kader Pengawas Partipatif di Bengkalis, Kini Telah Dibuka Bawaslu

, Juli 22, 2021

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bengkalis di tahun 2021 ini,  sedang melaksanakan pendaftaran administrasi Sekolah Kader Pengawas Parisipatif (SKPP), yang kini sudah diikuti 102 orang ditahapan seleksi.

Demikian yang disampaikan Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhlasin, bahwa para peserta diutamakan para pelajar (pemilih pemula), meskipun pihaknya juga tetap menerima dari kalangan masyarakat umum. Dan SKPP ini merupakan salah satu program prioritas nasional.



"Untuk tahapan seleksi ini, dari 102 peserta akan menjadi 40 orang untuk tingkat kabupaten untuk zona Bengkalis di bulan September selama 3 hari. Kemudian diseleksi untuk SKPP tingkat Provinsi (3 peserta dan diambil 1 orang) kemudian tingkat Nasional Program ini penting, sejalan dengan kebijakan Mendagri yang meminta pemda untuk melakukan pendidikan politik masyarakat, "terangnya, Rabu (21/07/21).

Dijelaskan, soal kwalitas demokrasi ini, ditentukan dari tingkat partisipasi masyarakat, yang tidak hanya jumlah pemungut suara. Tapi bagaimana masyarakat ini mampu mengawal pemilu yang jurdil (jujur dan adil). Agar menghasilkan pemimpin yang amanah.

"Terkait pemilu ini, tak hanya tugas Bawaslu, KPU, Pemda ataupun Dewan. Akan tetapi menjadi tangggung jawab bersama, dengan menkaderisasi dalam pengawasannya melalui pendidikan politik, "ungkap Mukhlasin.

Dalam persiapan Pilkada dan Pemilu tahun 2024 mendatang, tugas Bawaslu sendiri melakukan pengawasan terhadap daftar data pemilih berkelanjutan sesuai basic data. Kemudian melakukan sampling terutama TNI, Polri yang pensiun.

"Disamping itu, juga bagi masyarakat yang memiliki hak pilih, serta yang dicabut hak pilihnya, kerjasama dengan Pengadilan Tipikor. Meskipun untuk melakukan pendataan ini merupakan tugas murni KPU, "tutupnya menjelaskan.**

TerPopuler