Vaksinasi Target Lansia, Tim Rimba Sekampung Lakukan Door To Door -->

Vaksinasi Target Lansia, Tim Rimba Sekampung Lakukan Door To Door

, Januari 15, 2022


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Dalam upaya percepatan Vaksinasi Covid-19 di wilayah hukum Bengkalis, terutama bagi warga Lanjut Usia (Lansia), tim Satgas kelurahan Rimba Sekampung, kecamatan Bengkalis melakukan dengan door to door, Sabtu.(15/01/22).


Tim kelurahan Rimba Sekampung ini terdiri petugas Polsek Bengkalis sebagai anggota Bhabinkamtibmas Bripka Deri Adrianto, S.Sos, Lurah Halimahtusadiah, S.STPM, Babinsa Pelda Rudiantho, serta 4 petugas vaksinator dari Puskesmas Bengkalis.


Demikian yang disampaikan Bripka Deri Adrianto, bahwa vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia, pihak tim diakuinya mendatangi warga ke rumah rumah dengan melalui empat tahap, yakni pendaftaran, kemudian Format Skrining , lalu vaksinasi, terakhir pencatatan dan observasi.


"Dari palaksaan ini, termyata masih banyak warga lansia yang enggan (menolak) untuk di vaksinasi dengan beberapa alasan, seperti punya penyakit bawaan (komorbit) lantaran karena faktor umur, "ujarnya ditemui wartawan di lapangan.


Dijelaskan, dapat atau tidaknya divaksinasi, tergantung dari pengukuran suhu tubuh. Jika ditemukan diatas 37,5  °C, maka vaksinasi ditunda sampai suhu badan peserta turun. Begiru juga jika tekanan darah mencapai 170/90, maka vaksinasi tidak diberikan.


"Ketika sampai di lokasi, warga Lansia harus menyampaikan dengan jujur adanya riwayat kesehatan terhadap petugas. Sedangkan bagi Lansia yang sedang dalam pengobatan mengalami TBC, dapat diberikan vaksinasi. Minimal setelah dua minggu mendapat obat anti Tuberkulosis, "tambah Bripka Deri.


Vaksin yang diberikan ke warga Lansia di kelurahan Rimba Sekampung jenis Sinovac, dengan jumlah 33 Lansia Dosis 1. Dan untuk dosis 2 ada 5 Lansia. Sedangkan masyarakat umum Dosis 1 berjumlah 7 orang.**

TerPopuler