Di Gudang Rupbasan Bengkalis, Barang Sitaan Mayoritas Kasus Ilegal Loging -->

Di Gudang Rupbasan Bengkalis, Barang Sitaan Mayoritas Kasus Ilegal Loging

, Februari 16, 2022



RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Barang sitaan negara yang berada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas IIA Bengkalis di tahun 2022 ini, mayoritas kayu olahan dari kasus ilegal loging (ilog) yang berada di wilayah hukum kabupaten Bengkalis.


Selain itu, terpantau kayu olahan di gudang terbuka berlokasi di kantor Rupbasan Bengkalis, jalan Pertanian, bahwa selain puluhan kubik kayu olahan, juga terlihat 4 unit mobil Cold Diesel yang disita lantaran sebagai barang bukti angkutan kayu olahan ilog. 


Menurut Kepala Rupbasan Bengkalis Arian Suswanto, bahwa barang sitaan negara yang sudah berkekuatan hukum tetap, di tahun 2021 lalu ada sejumlah mobil yang sudah dilelang oleh pihak kejaksaan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKLN).


"Sehingga, gudang untuk menyimpan barang sitaan untuk saat ini sudah ada yang kosong. Oleh karena itu, dari pihak kita siap untuk menampung barang sitaan dari istitusi vertikal dari pihak Kepolisian, Kejaksaan maupun dari Bea dan Cukai (BC), karena ada beberapa gudang yang baru terisi 30 persen, "katanya, Rabu (16/02/22).


Dia akui, di Kantor Rupbasan Bengkalis memang sampai saat ini belum ada alat pengawasan berupa CCTV, sehingga pengawasan masih langsung dijaga oleh petugas selama 24 jam. Akan tetapi di tahun 2022 ini sudah masuk lelang, dan akan langsung di pasang pada beberapa sudut gudang.**

TerPopuler