Penuhi Daya Listrik di Pulau Bengkalis, PLN Datangkan 3 Unit Mesin -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Penuhi Daya Listrik di Pulau Bengkalis, PLN Datangkan 3 Unit Mesin

, Oktober 04, 2022

Foto: Istimewa


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Memenuhi kebutuhan daya listrik saat ini masih mengalami kekurangan dan memaksa pemadaman bergilir untuk pelanggan di Pulau Bengkalis, PLN mendatangkan tiga unit mesin. Yakni dua dua unit dari Aceh dan satu unit dari Bengkulu.


Untuk dua unit mesin dari Aceh berkapasitas 2x800 KW, sekarang sudah berada di Pusat PLTD Pangkalan Batang untuk proses instalasi.


Sedangkan untuk satu unit mesin dari Bengkulu berkapasitas 800 KW, sedang dalam proses perawatan atau overhaul di Pekanbaru sebelum dikirim ke PLTD di Pulau Bengkalis.


"Kita sudah mendatangkan mesin dua unit dari Aceh dengan daya 2x800 KW, dan saat ini sedang instal tinggal penyelesaian. Mudah-mudahan dalam pekan ketiga Oktober ini sudah bisa beroperasi, "ungkap Kepala Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Diesel (ULPLTD) Bagan Besar, Kabupaten Bengkalis, Sukiman kepada sejumlah awak media, Selasa (04/10/22) siang.


Dijelaskan Sukiman, khusus untuk satu unit mesin 800 KW dari Bengkulu ketika sampai di Bengkalis langsung bisa diinstal ditargetkan di November mendatang.


Suplai daya listrik di Pulau Bengkalis saat ini 22 MW, sementara beban puncak sudah menembus 22,9 MW atau 23 MW jadi masih defisit 1 MW.


"Jika nanti 2x800 KW mesin dari Aceh sudah beroperasi maka daya yang tersedia bisa mencapai sekitar 23,5 MW. Mudah-mudahan sudah bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Pulau Bengkalis, sehingga pemadaman bergilir sudah tidak terjadi lagi, "terang Sukiman.


Perkiraan daya listrik ideal untuk Pulau Bengkalis sekitar maksimal 24 MW, sehingga dengan tambahan satu unit mesin dari Bengkulu bisa menambah pasokan.**

TerPopuler