Wabup Bagus Kagum, Tanaman Jagung Bisa Subur di Lahan Gambut -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Wabup Bagus Kagum, Tanaman Jagung Bisa Subur di Lahan Gambut

, Desember 30, 2023
Wabup Bagus Santoso kunjungi tanaman jagung di lahan gambut


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Seorang warga Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau, Mardi (56), telah membuktikan tanam jagung manis di lahan gambut dapat berhasil dengan hasil yang memuaskan.


Lahan gambut yang di tanam jagung tersebut berada di jalan lintas Bengkalis-Bantan, kecamatan Bantan, dengan adanya kultur tanah gambut mampu dijadikan lokasi penanaman jagung.


Pria yang punya dua anak ini berasal dari Sumatera Barat, namun telah lama menetap di Bengkalis, Ia menyebutkan bertani tersebut merupakan warisan turun temurun dari orang tua ketika di kampung.


Hal itu terungkap setelah Wakil Bupati Bengkalis Dr. Bagus Santoso didampingi Kadisdagperin Zulpan dan Dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Suhairi, saat melakukan peninjauan lokasi penanaman jagung di tersebut, Jum'at (29/12/23).


"Jagung manis di lahan gambut ini mencapai 18 ribu batang dan saat ini memasuki panen perdana, Alhamdulillah setelah empat kali memetiknya hasilnya ya seperti yang dilihat sekarang, "ujar petani Jagung, Mardi.


Mardi akui, tanah gambut beda dengan kultur tanah liat/berpasir. Untuk tanah gambut sendiri cara pengolahan lebih ekstra dibanding tanah liat. Selain harus menjaga kelembapan, dan juga perlu siapkan pupuk, agar tanah jadi gembur dan subur.


"Karena di lokasi ini masih ada hama berupa monyet dan babi, sehingga kita pasang pagar kawat mengandung arus listrik, namun tak membahayakan manusia, yang mengelilingi kebun ini, "terang Madi sebagai bagian dari Kelompok Gambut Berkah.


Dengan terbuktinya lahan gambut bisa ditanam jagung dan sukses, Wabup Bagus Santoso akan berkoordinasi dengan pihak terkait, agar lahan kosong bisa diolah dijadikan lahan pertanian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.


"Ada pihak ke tiga dari Senkom Mitra Polri, nantinya bisa membantu untuk bibit dan pupuk, dan bahkan mereka nanti yang akan menampung hasil taninya, "ungkap Wabup.


Wabup akui, awalnya kaget melihat jagung yang tumbuh subur di lahan gambut, dan berkat seorang yang punya pengetahuan bertani ternyata bisa berhasil, dan ini bisa ditindaklanjuti.**

TerPopuler