close


PN Bengkalis Kini Sudah Mulai Sidang Tatap Muka -->

PN Bengkalis Kini Sudah Mulai Sidang Tatap Muka

, September 22, 2022

Ketua PN Bengkalis Kelas IB, Bayu Soho Rahardjo, SH


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Pasca pandemi Covid-19 mereda di wilayah kabupaten Bengkalis, Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis Kelas IB kini telah mulai menggelar sidang secara tatap muka.


Demikian yang disampaikan Ketua PN Bengkalis Kelas IB, Bayu Soho Rahardjo, SH, bahwa dengan melihat kondisi yang ada di kabupaten Bengkalis, selama tidak ada ketentuan yang melarang, maka lebih utama dengan menjalani sidang dengan tatap muka. 


"Kita akui, memang banyak kendala ketika sidang secara Daring, ketika jaringan kurang bagus, kondisi listrik terkadang mati mendadak, bahkan ketika harus ada pembuktian yang hanya bisa dilihat dalam layar, "ungkapnya, Kamis (22/09/22).


Berangkat dari persoalan itu, maka sidang secara tatap muka akan lebih efektif. Karena berbagai pembuktian dapat dilihat secara langsung. Artinya selagi tidak ada ketentuan yang melarang, maka lebih baik dengan sidang tatap muka.


Bahkan, lanjutnya, untuk di Selatpanjang, kabupaten Meranti, untuk sidang tatap muka lebih duluan ketimbang di Bengkalis. Karena kondisi di sana lebih efektif.


"Sebenarnya, untuk di Kabupaten Meranti dilihat dari perkara yang terus meningkat, sudah layak ada kantor Pengadilan Negeri. Disamping itu, dukungan dari Forkopimda di Meranti sudah cukup ada kantor PN bahkan lahan juga sudah tersedia untuk dibangun kantor tersebut, "tambah Ketua Bayu.


Kasus di kabupaten Meranti tak jauh dengan Bengkalis didominasi kasus narkoba, termasuk pencurian, judi. Namun sedikit kasus konflik tanah. Kemudian anggaran untuk perkara di Meranti sangat terbatas, maka sudah selayaknya PN ada di kabupaten Meranti.**

TerPopuler