Mahasiswa KKN Tafaquh Fiddin Dumai Terima Gemblengan Wabup Bagus Santoso -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Mahasiswa KKN Tafaquh Fiddin Dumai Terima Gemblengan Wabup Bagus Santoso

, Juli 26, 2023
Foto bersama


RIAUEXPRESS, DUMAI - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Dr H Bagus Santoso sampaikan tiga pesan penting kepada Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Tafaquh Fiddin Dumai, di Aula Pertemuan IAITF Dumai, Jl. Utama Karya No 3 Bukit Batrem II Dumai, Rabu (26/07/23).


Pesan penting yang disampaikan Wabup saat didaulat memberikan pesan dan arahan kepada 77 peserta KKN Lokal maupun Internasional bertujuan agar para mahasiswa IAITF Dumai terbuka pola fikirnya untuk memberikan inovasi di Desa yang akan dilaksanakan KKN.


Pertama KKN itu bertujuan memberikan manfaat bagi Daerah, Pemkab Bengkalis turut berbahagia karena mahasiswa IAITF Dumai dikirimkan ke Kabupaten Bengkalis di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bandar laksamana.


Dua Kecamatan ini merupakan kecamatan yang alhamdulillah memiliki  berbagai macam potensi baik itu wisatanya mulai dari wisata religi, sejarah maupun wisata alam.


"Apalagi Kecamatan Bukit Batu termasuk  75 Desa wisata terbaik melalui anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, "ungkap Bagus.


Kedua, bermanfaat bagi diri sendiri, ketika teori yang kita peroleh dari kampus dan kita praktekkan di lapangan diterima langsung masyarakat, maka itu dinamakan KKN kita berkualitas.


"Ilmu adalah infestasi dunia dan akhirat, tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat. menuntut Ilmi saat miskin maka akan menjadi harta, disaat kaya maka menjadi perhiasan. Tidak ada orang yang berhasil tanpa perjuangan, "pesan Bagus.


Ketiga, bermanfaat bagi masyarakat, bagi mahasiswa KKN sebelum terjun ke masyarakat diharapkan terlebih dahulu membuat catatan atau agenda kegiatan, setiap kali melaksanakan kegiatan langsung upload di media sosialnya, apa branding di desa tersebut sehingga akan menarik minat para wisata.


"Hidupkan media teknologi untuk mengembangkan desa tempat KKN, karena melalui media saat ini akan cepat menarik wisata, ketika kita berhasil menarik wisata di desa tersebut tentu akan menghidupkan perekonomian masyarakat baik itu UMKM, ojek maupun warung makan, "tutupnya.


Wabup Bagus Santoso memotivasi para mahasiswa untuk kreatif dan mandiri. Walaupun orang tuanya mampu kepada Mahasiswa didorong sudah saatnya setelah terjun KKN terbuka gagasan untuk mulai berkarya dan kejar prestasi dengan kemampuan diri sendiri tak menggantungkan orang tua lagi. 


"Besiaplah berani dengan yakin kekutan  diri sendiri. Maka anda akan menjadi manusia yang sanggup berkompetisi di dunia nyata, "tambahnya. 


Terkait hubungan pemerintahan maupun sosial kemasyarakatan antara Bengkalis dan Dumai ibarat Induk dengan anak. Wajar saling bersinergi dan berkolaborasi untuk memajukan pembangunan di disegala bidang seperti pendidikan. 


“Yang membedakan itu hanya administrasi kalau warga tetap karib kerabat saudara mara. Mari saling mengisi dan melengkapi untuk membangun daerah kita, "imbuh Bagus mantan wartawan Dumai Pos. 


Kemudian Ketua Yayasan Tafaquh Fiddin Dumai M Rizal Akbar mengapresiasi LPM IAITF DUMAI ini, telah mengambil fokus KKN yakni tematik Wisata Pesisir Selat Melaka. Sejalan dengan Visi kampus kita yaitu IAITF Terdepan pesisir selat melaka.


Pada KKN tahun 2022 para mahasiswa  kita sudah menerbitkan sebuah buku dengan judul 9 Mutiara Pesisir Selat Melaka. Tema tersebut diangkat sesuai dengan potensi yang ada di pulau Rupat.


"Semoga KKN tahun ini akan muncul literasi dan ide untuk mengangkat potensi yang ada di desa masing-masing, tentu tantangannya semakin berat para mahasiswa harus saling berpacu, "pintanya.


Hadir pada pelepasan KKN Rektor IAITF Dumai H Ahmad Roza'i Akbar, Wakil Rektor II IAITF Dumai Windayani, Wakil Rektor III Rasyidi, Ketua LPM IAITF Dumai Dawami, Sekretaris LPM IAITF Dumai M Farid Firdaus serta civitas dan akademika IAITF Dumai.**(INFOTORIAL).

TerPopuler