Wabup Bagus: Nanti Malam Berbagai Pertunjukan Kesenian Jawa Ada di Lapangan Tugu -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Wabup Bagus: Nanti Malam Berbagai Pertunjukan Kesenian Jawa Ada di Lapangan Tugu

, Juli 23, 2023
Wabup Bagus foto bersama dengan dalang Aditya Saputra (kiri) 


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Untuk memastikan persiapan berbagai pertunjukan 'Budaya Jawa' dalam menyambut Hari Jadi ke 511 Bengkalis di Lapangan Tugu nanti malam, Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Dr H Bagus Santoso meninjau langsung di lokasi, Minggu (23/07/23) petang. 


Hiburan rakyat berupa berbagai kesenian jawa yang akan digelar malan nanti, diantaranya Rampak Barongan dengan melibatkan Turonggo Yakso, Turonggo Wiro Kencono, Turonggo Joyo Seto, kemudian disusul pagelaran wayang kulit.


Dalam kegiatan nanti malam itu, juga akan dihadiri Paguyuban Keluarga Jawa Bengkalis, Putera Jawa Kelahiran Sumatera, Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Riau dengan Dewan Pembina Wabup Dr H Bagus Santoso.


"Alhamdulillah, persiapan sudah matang. Artinya nanti malam mulai pukul 19.30 WIB berbagai pertunjukan siap untuk dilaksanakan, "ujar Wabup petang ini.


Menurutnya, sudah sekitar 5 tahun lalu belum ada pertunjukan wayang kulit. Maka melalui Hari Jadi Bengkalis ini, Pemkab Bengkalis kerjasama dengan warga jawa di kabupaten Bengkalis menampilkan pagelaran tradisional.


"Yang insaallah ini akan menjadi agenda rutinan setiap tahun di Hari Jadi Bengkalis juga akan tampil pagelaran dari seluruh paguyuban. Semoga Bengkalis hebat, Bengkalis ssemakin mantap, "jelas Wabup. 


Sementara itu, dalang wayang kulit Aditya Saputra yang dulunya terkenal dalang cilik Bengkalis dan kini sudah remaja menyampaikan, bahwa untuk pertunjukan wayang kulit pada jam paling akhir setelah berbagai pertunjukan kesenin lainnya selesai. 


"Untuk kali ini, saya akan mengambil lakon Gatutkoco lahir. Kemudian dalam pertunjukan dengan cerita padat mulai sekitar pukul 21.00-01.00 WIB. Karena mengigat dari teman-teman megang gamelan, ada yang masih sekolah, "terangnya.


Dijelaskan, karena wilayah Bengkalis merupakan daerah Melayu, maka dia akan membawa alur cerita sampai pertengahan dengan bahasa indonesia. Kemudian dari pertengahan sampai akhir dengan bahasa jawa.**(INFOTORIAL). 

TerPopuler