Jelang Imlek 2020, ini Harapan Pemkab Meranti di Festival Perang Air -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Jelang Imlek 2020, ini Harapan Pemkab Meranti di Festival Perang Air

, Januari 17, 2020
RIAUEXPRESS, MERANTI - Festival Perang Air di Meranti atau yang lebih dikenal dengan Cian Cui akan segera digelar tepatnya tanggal 25 Januari 2020 yang akan datang, agar Ivent Wisata yang sudah menjadi agenda Nasinal itu berjalan dengan aman, tertip dan lancar serta memberikan kesan positif kepada para wisatawan yang datang, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim menyampaikan harapan dan pesan-pesan kepada masyarakat Meranti.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor), pelaksanaan Festival Perang Air Meranti 2020, bertempat diruang Rapat Melati, Kantor Bupati, Kamis (16/01/20).

Adapun harapan dan pesan-pesan Wabup kepada masyarakat Meranti pertama adalah Festival Perang Air (Cian Cui) bukan merupakan Ritual Agama tapi lebih kepada kearifan lokal yang telah menjadi kebiasaan masyarakat di Selatpanjang sejak tempo dulu dalam menyemarakan Hari Raya Idul Fitri, berangkat dari situ kebiasaan ini diadopsi oleh masyarakat Tiong Hoa saat ini yang dikenal dengan sebutan Cian Cui yang pelaksanaanya bersamaan dengan Imlek.

Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan itu nanti, Wabup Meranti H. Said Hasyim berharap, seluruh masyarakat Meranti dapat memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan yang datang ke Meranti sehingga mereka merasa aman dan nyaman saat berada di Meranti dan kedepan mau berbondong-bondong datang kembali ke Meranti.

Seperti diketahui berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir Festival Perang Air yang berhasil meraih penghargaan Pesona Indonesia Ketegori Ivent Wisata Paling Kreatif dan populer di Indonesia itu tiap tahun berhasil menyedot wisatawan sebanyak 25 ribu orang, wisatawan ini bukan saja berasal dari dalam negeri tapi juga maca negara seperti Tiongkok, Singapura, Hongkong dan lainnya.

Ribuan wisatawan itu berbaur dan menyatu dalam kebinekaan dengan  masyarakat Meranti  bersama-sama mengikuti Festival Cian Cui.

"Saya harap masyarakat Meranti dapat menjaga keramah-tamahan pada wisatawan yang datang agar mereka merasa nyaman dan mau kembali datang ke Meranti, "harapnya.

Begitu juga kepada pendatang dan wisatawan diharapkan dapat menyesuaikan diri berbaur dengan masyarakat Meranti ikut bersama-sama menjaga kemanan dan ketertiban jangan sampai akibat prilaku/sikap yang tak baik menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Dicontohkan Wabup H. Said Hasyim dalam hal berpakaian diingatkan jangan terlalu mencolok hendaknya sesuaikan dengan budaya masyarakat Meranti yang Islami.

Selanjutnya seperti juga dihimbau oleh Kadis Pariwisata Pemudah dan Olahraga Rizki Hidayat, dalam pelaksanaan Festival Cian Cui nanti tidak dibenarkan menggunakan penyemprot yang terbuat dari Paralon, Menggunakan Air kotor atau Comberan, Melempar Kantong Plastik Berisi Air, Melempar Aqua, Menggunakan Air berwarna serta Air Es. Jika kedapatan peserta menggunakan benda yang dilarang itu maka pihak keamanan akan melakukan penindakan.

Dan terakhir masalah kebersihan lingkungan, berhubung Meranti akan kedatangan para wisatawan diharapkan peran serta aktif dan dukungan dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan jangan sampai wisatawan menilai Meranti sebagai daerah yang kotor dan jorok.

"Mari kita jaga kebersihan lingkungan masing-masing, dan kepada petugas kebersihan dapat melakukan pembersihan sebelum aktifitas masyarakat berlangsung atau subuh hari," ujar Wabup.

Demikian sekilas harapan dan pesan-pesan Wabup untuk pelaksanaan Ivent Wisata Perang Air Meranti 2020.

Sekedar informasi dalam Rakor tersebut juga dibahas masalah pengamanan yang akan dihandel oleh pihak Kepolisian dan Satpol PP Meranti. Dari pihak kepolisian seperti dikatakan Kapolres Meranti AKBP. Taufik Lukman, untuk menjaga keamanan pihaknya telah menemoatkan anggota dilokasi kedatangan dan tempat-tempat keramaian seperti pelabuhan, pasar serta jalan protokol lokasi yang dilalui peserta Perang Air. Dengan arti kata untuk pengamanan tidak ada masalah.**

Laporan: Martin Raigon. S

TerPopuler