Bupati HM Adil Ikut Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76 di Polres Meranti -->

Bupati HM Adil Ikut Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76 di Polres Meranti

, Juli 05, 2022

Bupati Meranti bersama Kapolres


RIAUEXPRESS, MERANTI - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM Bersama Kapolres Meranti AKBP Andi Yul Beserta Jajarannya Laksanakan Upacara Secara Virtual dan Syukuran Peringatan Hari Bhayangkara Tahun 2022 di Halaman Kantor Kapolres Kepulauan Meranti, Selasa (05/07/22)


Singkat Informasi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 tahun ini jatuh pada Jum'at, 1 Juli 2022. Kebanyakan masyarakat mengetahui arti dari Bhayangkara adalah pasukan Polisi Republik Indonesia (POLRI), namun hal tersebut kurang tepat. 


Bhayangkari atau bhayangkara merupakan pasukan elit pada zaman kerajaan Majapahit, yang digunakan sebagai alat pertahanan dan invasi. Hal ini karena pasukan Bhayangkara selalu menjaga keselamatan sekaligus sebagai pengawal pribadi raja serta keluarga kerajaan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar tidak muncul gangguan kepada kekuasaan raja. 


Penetapan hari Bhayangkara ditandai dengan terbitnya sebuah peraturan Presiden no 11 tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946 yakni awal mula karir Bhayangkara. Menelisik jejak sejarahnya, nama Bhayangkara adalah istilah yang digunakan Patih Gajah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan super elit yang ditugaskan menjaga raja dan kerajaan mataram pada abad ke -14. Karena itu, hingga saat ini sosok Gajah Mada menjadi simbol Kepolisian RI Sebagai penghormatan, Polri membangun patung Gajah Mada di depan Mabes Polri dan nama Bhayangkara dijadikan sebagai nama pasukan kepolisian.


Saat di konfirmasi Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi yul mengatakan Pada hari ini tanggal 5 Juli 2022  satu bulan ke belakang kita sudah melakukan beberapa rangkaian untuk menuju  di puncak perayaan hari Bhayangkara 76, polres Meranti sudah melakukan beberapa kegiatan yang kita laksanakan sudah melakukan  bakti sosial, bantuan sosial ,bakti religi,perlombaan dan donor darah yaitu dengan tema kita, untuk mewujudkan Indonesia polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh.


"Dengan semakin bertambahnya usia polri lebih banyak tugas dan kami akan selalu berupaya akan melakukan pembinaan dan peningkatan kinerja dan saat ini kita lakukan agar meningkatkan profesionalisme ditengah masyarakat Meranti ,Polres Meranti akan selalu mendukung pemerintah daerah dan selalu siap dalam keadaan apapun, "sebutnya Kapolres Meranti  Andi Yul.


Selanjutnya sambutan dari Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM dia mengatakan bahwa, Pada kesempatan ini saya menyampaikan kepada kita semua, bahwasanya Negara kita, Indonesia akan menjadi tuan rumah Presidensi Group O veny atau bisa disingkat dengan sebutan G-20 yaing akan dilaksanakan di Bali, ini merupakan momenum kepercayaan dunia sama ketertiban menjaga masyarakat stabilitas hubungan yang dalam, a, elemen pemerintah kepada stackholder untuk bersama-sama mensukseskan G-20 dengan cara menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di Kabupaten Kepulauan Meranti.


Tema Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 Kepolisian Republik Indonesia yaitu Polri Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Tema tersebut menegaskan bahwa Polri selalu seiring sejalan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam memulihkan ekonomi nasional, khususnya usai terkendalinya pandemic Covid-19.


Kemudian acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada personil Polres Kabupaten yang telah mengakseskan vasksinasi dari Pemkab Meranti, Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti selamat ulang Tahun Bhayangkara ke -76 kepada Meranti, saya mengucapkan selurun jajaran Polri, khususnya yang menjadikan tugas dan pengabdian di Kabupaten Kepulauan Meranti yang sama-sama kita cintai ini. jadikan momentum ini, untuk bersama bertekat meningkatkan kinerja Polri dalam rangka serta keamanan, dan menciptakan harmonis antara Polri dan Masyarakat.**


Laporan: Martin Raigon. S

TerPopuler