Di Bengkalis, Tahun ini Waduk Baru Akan Dibuat Dari Dana Pusat Rp35 M -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Di Bengkalis, Tahun ini Waduk Baru Akan Dibuat Dari Dana Pusat Rp35 M

, Februari 22, 2023
Waduk Perumda Air Minum Tirta Terubuk Bengkalis jalan Lembaga


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Berangkat dari persoalan terjadi kekurangan debit air ketika musim kemarau di wilayah kecamtan Bengkalis, maka tahun ini (2023), Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Terubuk Bengkalis dipastikan akan mempunyai waduk baru.


Menurut Direktur Perumda Air Minum Tirta Terubuk Bengkalis, Jufrizal, SE, bahwa waduk baru yang akan dibuat tahun ini, letaknya dibelakang lapangan golf di jalan lembaga, dengan luas sekitar 3,5 hektar lebih. Dan jaraknya dari waduk lama sekitar 4 Km.


"Anggaran untuk pembuatan waduk mencapai Rp35 milyar dari APBN. Dan untuk pemenang tender kegiatan itu, sudah diumumkan oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BWSDA), "terang Direktur Jufrizal kepada sejumlah wartawan, Selasa (21/02/23).


Dijelaskan, Waduk baru dengan luas 3,5 hektar lebih tersebut, diperkirakan mampu menampung debit air mencapai 4 ribu kubik. Sedangkan waduk yang ada saat ini hanya mampu menampung sekitar 4 ratus kubik.


"Anggaran Rp35 milyar ini, bukan hanya untuk pembuatan waduk baru, akan tetapi juga untuk pelaksanaan kegiatan perpipaan dari waduk yang baru tersebut menuju tempat pengolahan air, "ujarnya. 


Menurutnya, dengan luasnya waduk yang tahun ini akan digarap tersebut, kedepan dimungkin juga akan dijadikan lokasi wisata, sebagai tempat penghijauan kawasan perkotaan.**

TerPopuler