Kades Dituding Utamakan Kepentingan Pribadi, Warga Kuala Alam Segel Kantor Desa -->

Kades Dituding Utamakan Kepentingan Pribadi, Warga Kuala Alam Segel Kantor Desa

, Februari 03, 2020



RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Berangkat dari ketidakpuasan soal kebijakan Kepala Desa (Kadrs), ratusan masyatakat Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis menyegel Kantor Desa, Minggu (02/02/20) malam.





Peristiwa penyegelan Kantor Desa Kuala Alam ini, akibat dari kekecewaan warga terhadap Kades Kuala Alam, Sudihartono, setelah terjadi musyawarah Luar Biasa yang difasilitasi oleh BPD.





Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Andika menyatakan, penyegelan kantor desa tersebut akibat hasil musyawarah menemui jalan buntu.





Menurut Dia, pihak BPD menfasilitasi musyawarah luar biasa atas keinginan Kepala Dusun, RT dan RW. Kepala Dusun dan RT RW sebelumnya sudah melakukan musyawarah.





"Mereka menembuskan berita acara hasil musyawarah Kepala Dusun, RT dan RW kepada BPD dan Kecamatan. Dalam poin ke empat (salah satu tuntutan) mereka meminta BPD melakukan musyawarah desa luar biasa terkait kebijakan Kades, denga dilakukan rapat, "terangnya, Senin (03/02/20).





Diutarakan Andika lagi, hasil musyawarah tadi malam, warga menuntut dua hal. Meminta Kades mundur dari jabatan dan sekaligus menyegel Kantor Desa.





"Karena tadi malam itu tidak putus, warga melakukan segel kantor desa. Namun setelah satu jam, saya dipanggil Kapolsek bahwa penyegelan Kantor Desa tidak dibenarkan dan melanggar hukum. Akhirnya saya dan kapolsek ke Kantor Desa membuka segel dan menerangkan ke masyarakat, "tambah Andika.





Dijelaskan,desakan Kades mundur dan sekaligus berbuntut penyegelan Kantor Desa, karena masyarakat kecewa dengan Kades, lantaran dianggap tidak mengakomodir kepentingan dan usulan masyarakat, dan lebih mementingkan urusan pribadi.





"Persoalan di Desa kami rencananya akan diselesaikan pada hari ini juga, dengan difasilitasi oleh pihak Kecamatan, "tutupnya.**


TerPopuler