Soal Potensi Migas di Pulau Bengkalis, Perusahaan Diminta Libatkan Akademisi -->

Soal Potensi Migas di Pulau Bengkalis, Perusahaan Diminta Libatkan Akademisi

, Februari 01, 2020

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Perusahaan PT. EMP Malacca Straits berencana melakukan kegiatan seismik keberadaan minyak dan gas (migas) di Kecamatan Bengkalis dan Bantan selama tahun 2020 ini, diminta untuk melibatkan Perguruan Tinggi (PT) di Bengkalis.





Dalam proses sosialisasi yang sudah dilakukan oleh perusahaan tersebut, belum tersirat akan melibatkan sumber daya manusia (SDM) anak tempatan dalam proses seismic maupun eksplorasi nantinya. Walaupun masih sifatnya uji sesismik 2D, namun pasca perpanjangan kontrak perusahaan ini pada tahun 2018 lalu, keseriusan perusahaan untuk melakukan investasi di Pulau Bengkalis semakin nyata.





"Rasanya cukuplah kepahitan masa lalu yang dialami oleh anak-anak tempatan, apalagi saat ini Kabupaten Bengkalis telah memiliki Perguruan Tinggi (PT) dengan berbagai disiplin keilmuan. Seharusnya perusahaan bijak memandang persoalan ini, untuk menggandengnya agar menjadi kebanggaan masyarakat, "ujar salah seorang Akademisi di Bengkalis, Alfansuri kepada wartawan, Jum'at (31/01/20).





Berangkat hal ini, menurut pria yang juga seorang dosen ini, pihak Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan pihak-pihak lainnya seperti Lembaga Adat perlu mempertanyakan ke pihak Perusahaan, soal kebutuhan tenaga kerja dan spesifikasi yang dibutuhkan.





"Sehingga, secara bersama-sama baik Pemerintah dan Perguruan Tinggi mempersiapkan spesifikasi tenaga kerja yang diperlukan, "katanya lagi.





Dalam audiensi yang disampaikan oleh perusahaan ini, bahwa lokasi survei yang bakal dilakukan berada di tiga titik. Yakni, di Desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis dan dua Desa di Kecamatan Bantan, Bantan Air dan Selatbaru.





Survei seismik merupakan kegiatan eksplorasi untuk mengambil data bawah permukaan dengan menggunakan sumber getar dan alat perekam khusus, yang merupakan tahap awal dalam melihat potensi migas yang ada di Kecamatan Bengkalis dan Bantan.**


TerPopuler