Jepang Dipastikan Garap Kereta Cepat Surabaya -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Jepang Dipastikan Garap Kereta Cepat Surabaya

, Januari 02, 2018


RIAUEXPRESS, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan Jepang masih diprioritaskan untuk menggarap proyek kereta semicepat Jakarta - Surabaya. Dengan begitu, tertutup peluang bagi Korea Selatan untuk ikut menggarap proyek tersebut saat ini.

"Masih Jepang saat ini, (Korsel) belum kami lihat, "kata Luhut saat ditemui di Jakarta, Jumat (29/12/17).

Pemerintah Korsel memang sempat menyatakan ketertarikannya untuk mengikuti tender proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya. Hal ini diungkapkan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Kim Hyunmee kepada Luhut, beberapa waktu lalu. Namun Luhut mengaku hingga saat ini pemerintah belum mengajak Korea dalam proyek ini.

Meski demikian, Luhut membuka peluang bagi Negeri Ginseng tersebut masuk ke proyek infrastruktur lain, yang juga diminati Korsel, yakni kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Korea bisa ikut dalam pengadaan rangkaian kereta atau rolling stock proyek ini.

Dia juga katakan, bahwa pemerintah masih mempertimbangkan teknologi yang akan digunakan untuk proyek ini. Terdapat dua opsi yang dipertimbangkan yakni antara narrow gauge dan standard gauge. Teknologi narrow gauge menggunakan rel dengan ukuran kecil, yakni selebar 1.067 milimeter. Sedangkan standart gauge menggunakan rel yang lebih lebar 1.435 milimeter.

Selama ini Jepang menggunakan teknologi narrow gauge, dan pemerintah menggandeng Korea Selatan yang terbiasa menggunakan teknologi standard gauge. Luhut mengatakan, dirinya memang lebih condong menggunakan teknologi standard gauge yang lebih banyak digunakan di dunia.

Alasannya, teknologi ini diklaim lebih maju dibandingkan narrow gauge. Di dunia pun, hanya tinggal Indonesia, Jepang, dan Australia yang menggunakan teknologi narrow gauge.

"Kami minta dari Korea Selatan. Tadi Menteri Perhubungan minta Korsel, "ujar Luhut beberapa waktu lalu.**Red.

 

Sumber: katadata.co.id.

TerPopuler