close


Lakukan Penguatan UMKM, Diskop Bengkalis Turun ke Desa Kuala Alam -->

Lakukan Penguatan UMKM, Diskop Bengkalis Turun ke Desa Kuala Alam

, Januari 29, 2020
RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Dalam menindaklanjuti program kerja di tahun 2020 dalam menguatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di tubuh Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bengkalis, menggelar sosialisasi di Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, Selasa (28/01/20).

Sosialisasi Diskop UKM Kabupaten Bengkalis ini, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Herman Achmad, dengan menghadirkan pihak Akademisi dari Politeknik Negeri Bengkalis, sejumlah Aparat Desa, seperti Kepala Desa, pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Direktur Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan sejumlah pelaku UMKM.

Usai melakukan sosialisasi, Kadis Koperasi UKM Kabupaten Bengkalis, Herman Achmad menyampaikan kepada wartawan, bahwa kegiatan di tahun 2020 dimulai di Desa Kuala Alam, lantaran di Desa tersebut sudah ada Bumdesnya. Sehingga lebih mudah untuk melakukan pembinaan Perkoperasian dan UMKM.

"Kita (Diskop), berharap pembinaan ke Koperasi dan UMKM seperti ini bisa dilakukan secara terpadu, dengan melibatkan berbagai Stokeholder, mulai tingkat Pemerintah paling bawah, yakni Pemerintah Desa (Pemdes) sampai tingkat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) dan pihak Akademisi, "ujar Herman.

Dijelaskan, kalau dalam pembinaan ini dilakukan secara terus-menerus oleh Stokeholder yang ada, maka upaya tersebut jelas akan mendukung Perkoperasian dan pelaku UMKM setempat untuk melakukan pengembangan usaha mereka. Sehingga peningkatan perekonomian dikalangan bawah bisa meningkat.

"Kita tahu, pelaku UMKM dari akses SDM, permodalan hingga sampai pemasaran di Kabupaten Bengkalis masih minim, sehingga upaya pembinaan dengan melibatkan Stokeholder harus dilakukan, bertujuan untuk menggenjot perekonomian kerakyatan, "ungkap Herman lagi.

Dia juga berharap, untuk langkah awal dari pihak Perkoperasian dan UMKM bisa melakukan MoU untuk bisa memberikan bimbingan oleh pihak-pihak terkait, termasuk ke pihak Akademis, agar peluang-peluang usaha di Desa setempat bisa berkembang dengan baik.**

TerPopuler