close


Disdik Bengkalis Terangkan Rencana Penghapusan UN -->

Disdik Bengkalis Terangkan Rencana Penghapusan UN

, Februari 22, 2020

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Pelaksanaan Ujian Nasional untuk kelulusan siswa tahun ini merupakan tahun terakhir. Dimana untuk tahun ajaran 2020 -2021 mendatang tidak lagi diberlakukan Ujian Nasional.





Ini sesuai dengan keinginan Menteri Pendidikan yang akan menghapuskan Ujian Nasional pada tahun ajaran mendatang. Untuk menentukan kelulusan nantinya akan ditentukan langsung dilakukan pihak Sekolah.





"Sosialisasi Menteri Pendidikan beberapa waktu lalu memang begitu, kemungkinan akan diberlakukan tidak ada lagi UN pada tahun ajaran depan. Kalau tahun ini masih diberlakukan," terang Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura.





Menurut dia, Kementerian Pendidikan juga sudah mulai mengeluarkan edaran tentang merdeka belajar menentukan kelulusan peserta didik. Dimana dalam surat edaran tersebut nantinya kelulusan peserta didik ditentukan langsung oleh sekolah.





Penilaian dilakukan oleh satuan pendidikan berdasarkan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru. Kemudian bahan ujian sekolah untuk kelulusan peserta didik dilakukan dengan tes tertulis, portofolio, penugasan dan kegiatan lain yang dibuat oleh masing masing guru di satuan pendidikan.





"Jadi nantinya ijazah yang akan diterima siswa pada kelulusan tahun akan datang ada tiga. Pertama ijazah tertulis, portofolio, penugasan, "ungkap Edi Sakura.





Sementara itu jika saat penerapan nantinya masih ada sekolah yang belum siap membuat ujian sekolah bisa mengambil soal ujian baik tes tertulis, penugasan dari bebagai sumber. Seperti dari Kisi Kisi soal maupun dari kelompok kerja sekolah.





"Dinas Pendidikan tidak bisa memaksa satuan pendidikan untuk menggunakan bahan tertentu dalam pelaksanaan ujian sekolah. Jadi dinas cuman memantau saja, ini akan diterapkan pada tahun ajaram tahun yang akan datang, "terang dia.**


TerPopuler