BUMDes Jangkang Perlu Diapresiasi -->

BUMDes Jangkang Perlu Diapresiasi

, Maret 29, 2022



RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis terus berusaha meningkatkan penerimaan pendapatan dari unit-unit usaha yang ada.


Sempat dua tahun berturut-turut usaha semi plat merah Desa Jangkang ini penyumbang PADes tertinggi di Kabupaten Bengkalis. Tahun 2021 lalu, BUMDes Sejahtera Jangkang sebelumnya bernama BUMDes Jangkang Sejahtera menyumbang PADes sebesar Rp44 juta lebih dan tertinggi dari seluruh BUMDes di Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bengkalis.


Salah satu BUMDes mampu menyumbang PADes tinggi itu, langsung memperoleh apresiasi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Urusan Umum (Kasi Umum) Kantor Kecamatan Bantan Hanafi saat menghadiri kegiatan Gebyar Bagi Hasil SHU Tahun 2021 di Gedung Kesenian Desa Jangkang, Senin (28/03/22) siang.


Hanafi menyebutkan, BUMDes Sejahtera Desa Jangkang mampu menyumbang PADes di atas rata-rata dari seluruh desa yang ada dan sangat patut untuk diapresiasi.


BUMDes Sejahtera sudah menggulirkan sebesar Rp28 miliar dana dari Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) tahun 2021, diberikan kepada masyarakat dan dikembalikan lagi untuk masyarakat.


"Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan BUMDes Sejahtera Jangkang ini. BUMDes Sejahtera sudah berbadan hukum yang jelas. Mudah-mudahan usaha di BUMDes Sejahtera ini terus berkembang, "harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno, S.E diwakili Sekretaris Desa (Sekdes) Muhammad Aslan menyebutkan, Perdes baru terkait keberadaan BUMDes Sejahtera Jangkang ini sudah disusun dan memiliki legalitas dari Kemenkum HAM. Dia berharap BUMDes semakin meningkatkan PADes-nya.


"Pak Kades berharap PADes yang diperoleh dari BUMDes ini dikembalikan lagi ke masyarakat. Uang dari masyarakat dikembalikan lagi ke masyarakat, "ungkapnya.


Aslan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada unit-unit usaha BUMDes Sejahtera Jangkang yang ada dan para masyarakat pemanfaat diharapkan lancar membayar pinjaman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.


Sementara itu, Direktur BUMDes Sejahtera Desa Jangkang, Irzan, S.E, Sy menjelaskan, persentase pengembalian pinjaman pemanfaat pada USP Jangkang Mandiri sebesar 92,9 persen sedangkan tunggakan 7,1 persen.


Dengan jumlah peminjam atau pemanfaat 1.598 orang, lunas 1.217 pemanfaat dan yang belum lunas 351 pemanfaat, sementara jumlah tunggakan tahun 2021 sebesar Rp1,6 miliar dari dana yang bergulir mencapai Rp28 miliar.


Total Sisa Hasil Usaha (SHU) dari seluruh unit usaha tahun 2021 sebesar Rp73,9 juta, untuk PADes Rp44 juta diserahkan ke Pemerintah Desa (Pemdes). Kemudian untuk cadangan modalnya sebesar Rp29,6 juta. Kemudian, pada tahun 2021 lalu ada penambahan modal dari pemerintah provinsi sebesar Rp71 juta untuk pengembangan produksi bidang pertanian.


"Kami akan berusaha maksimal agar tunggakan ini semakin kecil. Karena semakin kecil tunggakanya maka semakin besar PADes yang dihasilkan nantinya. Tahun 2022 ini BUMDes Sejahtera Jangkang bisa menyumbangkan PADes lebih besar. Kami targetkan terus mengalami peningkatan, "tegasnya.


Memeriahkan Gebyar Bagi Hasil tersebut pemanfaat dengan pengembalian lancar di beberapa ketegori diberikan kesempatan untuk memperoleh hadiah undian. Diantaranya, peralatan rumah tangga hingga hadiah logam mulia atau emas dengan harga Rp5 juta lebih. 


Pemenang dengan hadiah utama undian emas hanya diperoleh pemanfaat dengan Kategori Lancar Satu atau teratur membayar angsuran per tanggal 1 setiap bulan. Dengan jumlah pinjaman Rp5-15 juta pemenang undian emas setengah chi atau seharga Rp1,8 juta atas nama pemanfaat Soimun. Pinjaman Rp15-30 juta dengan hadiah gelang emas 1 chi atau senilai Rp3,6 juta lebih atas nama Jamian, dan pinjaman Rp40-60 juta dengan hadiah berupa rantai kalung 1,5 chi atau senilai Rp5,3 juta atas nama Yesi Susanti.


Gebyar bagi hasil BUMDes Sejahtera Desa Jangkang ini juga tampak hadir Firmanto, Korcam Bantan Bidang Ekonomi, Pendamping Desa Bidang Ekonomi, Surya Febri Pratama, para Kadus, Ketua RT dan RW serta para pemanfaat.**

TerPopuler