close


Bangkitkan UMKM, KADIN Bengkalis Gandeng Kabag Ekonomi dan Direktur BUMD -->

Bangkitkan UMKM, KADIN Bengkalis Gandeng Kabag Ekonomi dan Direktur BUMD

, Juni 03, 2022

KADIN bengkalis gelar Coffee Morning


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Bertujuan untuk mendukung pelaku UMKM, Kamar Dagang dan industri (KADIN) Bengkalis bersama Pemerintah Kabupaten, BUMD, kalangan perguruan tinggi, serta pelaku usaha kreatif melaksanakan coffee morning di Kantor KADIN jalan Hasanuddin Jum'at (03/06/22).


Pihak Pemkab Bengkaljs diwakili Kabag Ekonomi, H Khairi Farizal dalam kata sambutan mengatakan, bahwa selama ini masyarakat datang hanya meminta modal ke pemerintah.


"BUMD harus menghasilkan PAD. Sebab itu, kita kini sedang menyusun  dalam proses penyertaan modal, yanf harus fokus ke profit (bisnis) berdasarkan PP 54, "katanya. 


Sementara itu, Direktur BUMD atau Direktur BLJ Bengkalis, Abdul Rahman mengakui selama ini BUMD belum bisa membanggakan masyarakat Bengkalis.


"Berawal penyertaan modal Pemba Bengkalis Kasus Rp 300 miliar yang belum berjalan baru 1 tahun tapi dari awal sudah bermasalah. Sebab seharusnya untuk pembangunan Power Plan, tapi malah digunakan untuk bisnis  lain, "ungkap dia.


BUMD Bengkalis bisa maju terutama fokus di bidang migas. Total penyertaan modal Pemda dari awal  capai Rp450 milyar ini harus di kembalikan ke Pemda lagi, "kata Abdul Rahman yang juga masuk sebagai pengurus KADIN Bengkalis.


Rahman berharap dari pembagian migas atau deviden untuk kabupaten Bengkalis itu bisa menjadi modal BUMD dengan membangun usaha usaha lainnya.


"Potensi sesai yang bisa menjadi peluang usaha dan bisnis pemerintah daerah harus dari BUMD. Kita harus ikut kegiatan tender di migas merupakan peluang yang jarang diikuti pengusaha tempatan, "terangnya.


Disisi lain, Pembina Dewan Pertimbangan KADIN Bengkalis, Masuri, S.H menyampaikan, bahwa KADIN  dalam UU atau Pepres semua usaha dalam binaan KADIN. 


"Kita harus optimis, BUMD seperti hutan dan setelah ditebang harus ada lokasi atau sekretariat dan program belum jelas dan ujungnya hasil sampai saat ini dimana, "jelas pria dengan panggilan mas Bagong ini. 


Masuri berharap, KADIN tetap membina pelaku ekonomi dan menjalankan 8 program kepemimpinan daerah atau program Bupati Bengkalis saat ini.**

TerPopuler