Libatkan Akademisi dan Masyarakat, Disdukcapil Gelar Diskusi Pembenahan Administrasi Kependudukan -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Libatkan Akademisi dan Masyarakat, Disdukcapil Gelar Diskusi Pembenahan Administrasi Kependudukan

, Agustus 12, 2022



RIAUEXPRES, BENGKALIS - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bengkalis terus melakukan pembenahan dalam pemberian pelayanan kepada publik terkait administrasi kependudukan. Untuk melakukan pembenahan ini Disdukcapil perlu mendapatkan masukan langsung dari masyarakat Bengkalis.


Untuk memenuhi itu, Disdukcapil Bengkalis melakukan diskusi langsung bersama perwakilan tokoh masyarakat, Lembaga Adat Melayu Riau, organisasi masyarakat, akademisi perguruan tinggi dan media. Diskusi tersebut dilaksanakan pada, Rabu (10/08/22) di ruang rapat Disdukcapil Bengkalis.


Menurut Kepala Disdukcapil Bengkalis Ismail, bahwa terkait sosialisasi pelayanan kita, apa saja, bagaimana cara mendapatkan pelayanan kependudukan. Ini ternyata sangat penting agar masyarakat tidak bigung dalam mengurus dokumen kependudukan.


"Dengan keterbatasan sosialiasi pelayanan kependudukan membuat sebagian masyarakat di Bengkalis banyak mengunakan jasa dari pihak lain untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Padahal untuk pengurusannya dokumen kependudukan sangat mudah dan bisa diurus langsung oleh masyarakat tanpa perantara pihak lainnya, "terangnya, Jum'at (12/08/22).


Dijelaskan, saat ini pihaknya sudah ada layanan cukup di desa, ini sangat membantu masyarakat. Mereka tidak perlu sulit sulit, karena tidak tahu membuat masyarakat merasa sulit, padahal belum melakukan pengurusan. 


Makanya dalam pertemuan yang berlangsung dari siang hingga sore kemarin, cukup banyak masukan dari perwakilan masyarakat yang diundang kemarin untuk meningkatkan pelayanan ini. Selain sosilaisasi pelayanan, juga dalam pertemuan tersebut pihaknya juga diminta untuk mengalakkan penggunaan aplikasi aplikasi pelayanan secara online.


"Termasuk kegiatan jemput bola pelayanan kependudukan yang sudah berjalan untuk terus dilaksanakan dan semakin diperluas tidak hanya ke desa desa tapi ke kantong kantong masyarakat lainnya, "ungkap Ismail. 


Masukan yang diberikan ini nantinya sebagai evaluasi bagi Disdukcapil untuk membenahi pelayanan. Sehingga nanti masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik di kemudian hari.**Infotorial

TerPopuler