close


Puluhan Pelaku Usaha Pengolahan Perikanan Ikuti Pelatihan -->

Puluhan Pelaku Usaha Pengolahan Perikanan Ikuti Pelatihan

, Agustus 23, 2022

Pembukaan pelatihan pelaku usaha bidang perikanan


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Puluhan pelaku usaha pengolahan perikanan di Kabupaten Bengkalis mengikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Mutu Produk Olahan Perikanan ditaja oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis di salah satu hotel di Bengkalis, Selasa (23/08/22).


Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yakni 23-24 Agustus 2022 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perikanan Ir. Herliawan, M.Si, dengan diikuti 33 peserta berasal dari sembilan kecamatan, yaitu Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Bandar Laksamana, Mandau, Bathin Solapan, Rupat dan Rupat Utara.


Kepala Dinas Perikanan Herliawan mengatakan, setelah melalui pelatihan ini para peserta agar mampu meningkatkan pengetahuan penanganan produk perikanan sesuai standar mutu, menambah pengetahuan penggunaan kemasan dan inovasi kemasan produk yang berdaya saing.


Peserta juga diharapkan akan meningkatkan strategi pemasaran produk perikanan pada usah serta sistem jaminan mutu dan keamanan pangan produk perikanan dan jaminan produk halal.


"Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha pengolahan perikanan. Bisa kualitas bentuk barangnya, ataupun mampu berinovasi bagaimana cara untuk meningkatkan nilai ekonomi dari produk olahan, "ungkap dia. 


Kepala Bidang Mutu Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Bengkalis, Tasril Akmal, S.Pi, M.Si mengatakan, para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan diberikan materi diantaranya pengemasan produk dan diskusi interaktif dengan narasumber.


"Peserta nantinya diharapkan sudah memperhatikan mutu, kehalalannya hingga pada kemasannya. Kegiatan ini selama dua hari dan diikuti oleh 34 orang dari sembilan kecamatan," imbuh Tasril Akmal didampingi salah satu panitia pelaksana, Doni Sartika.


Adapun narasumber yang dihadirkan Dr. Sumarto dan Dr. Ir. Suparmi selaku Dosen Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri.**

TerPopuler