Pulau Bengkalis Berpotensi Ada Minyak Bumi, PT ITA Gandeng PWI Gelar Edukasi Jurnalistik -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Pulau Bengkalis Berpotensi Ada Minyak Bumi, PT ITA Gandeng PWI Gelar Edukasi Jurnalistik

, Februari 08, 2023
Foto bersama

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Seiring adanya potensi minyak bumi di pulau Bengkalis, PT Imbang Tata Alam (ITA) anak usaha dari PT. Energi Mega Persada Tbk (ENRGK) melakukan edukasi jurnalistik kepada Persatuan Wartawan Indonesia PWI Bengkalis, Rabu (08/02/23).


Edukasi jurnalistik ini dilakukan, lantaran PT. ITA yang merupakan anak usaha PT. ENRGK selaku operator dan pemilik blok Kontrak Kerja Sama( KKS) Malacca Strait, akan melakukan eksplorasi di pulau Bengkalis tersebut.


Menurut Acting Areal Manager PT. ITA, Haryo Suryo Nogroho, menyampaikan bahwa untuk beberapa tahun kedepan, pulau Bengkalis adalah salah satu daerah operasi untuk eksplorasi sumur baru.


"Oleh sebab itu, kita berharap adanya kolaborasi yang baik dengan media dan juga pemerintah daerah kabupaten Bengkalis terkait akan dilakukan kegiatan ini, "ujarnya. 


Dijelaskan, meski pihaknya saat ini sudah menetapkan wilayah di pulau Bengkalis ada temuan sumur baru, namun pihaknya masih melakukan riset dan studi pembanding kembali untuk menghitung biaya operasional untuk eksplorasi tersebut.


Sementara itu, Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison mewakili Riky Firdaus sebagai perwakilan SKK migas Sumbagut mengatakan, bahwa pihak sudah melakukan pengawas 36 perusahaan di 5 provinsi.


"KKS hanya melakukan eksplorasi (mencari lumbung minyak), dan apabila ditemukan sesuai hitungan ada nilai ekonominya, maka akan di eksploitasi dengan fase produksi, "jelas dia. 


Menurutnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) wilayah Sumbagut merupakan pengawasan operator industri hulu migas.


Sedangkan, peran SKK migas sebagai pengawas pelaksanaan operator dan pengolahan secara bagi hasil ke kas negara, dan kedaerahan berupa DBH. Kemudian SKK Migas Sumbagut ada 5 wilayah di Sumatera.


Sementara itu, Asisten I, Andreas Wasono mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan, bahwa dengan membangun sinergi dan kolaborasi PT ITA dengan PWI Bengkalis diharapkan bisa memberikan informasi terbaik bagi masyarakat. 


"Dengan diketahui oleh publik akan dilaksanakan proses eksplorasi di pulau Bengkalis maka ini perlu didukung dan nantinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat, dan akan meningkatkan DBH di Pemda, "harapnya.


Kegiatan tersebut juga dihadiri Kadis Kominfo Hendrik Dwiyatmiko,Ketua PWI Bengkalis Adi Putra bersama jajaranya, serta sejumlah undangan lainnya.**

TerPopuler