Kenangan Wabup Bagus Saat Melepas Pawai Takbir: Meski Jalan Macet, Ternyata Warga Bahagia -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Kenangan Wabup Bagus Saat Melepas Pawai Takbir: Meski Jalan Macet, Ternyata Warga Bahagia

, April 25, 2023
Ketika pawai takbir idul fitri 1444 H berlangsung, Jum'at (21/04/23) di jalan A. Yani kota Bengkalis

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Peristiwa unik dan menarik terjadi di Kota Bengkalis saat pawai takbir Idul Fitri tahun 2023.  Seluruh ruas jalan arah masuk Kota “sebu” alias macet tapi warga tidak “berang”, akan tepati sebaliknya malah senang.


Ribuan warga tumpah ruah memadati jalanan dan lapangan Tugu kebanggaan masyarakat kabupaten Bengkalis. Di titik tengah kota inilah semua kegiatan resmi pemerintah di gelar dari upacara sampai panggung hiburan.


Pawai takbir 144 H tercatat spektakuler. Antusias warga dipicu “dendam” dari akumulasi selama tiga kali lebaran terkekang tidak dapat melakukan aktifitas bebas ditempat umum. Jangankan pawai takbir main bola saja di larang akibat alam lagi “selemo”. 


Covid - 19 membuat semua kocar kacir. Silaturahmi di batasi, sholat berjamaah dibuat berjarak. Makan minum di warungpun pakai hitungan menit, naik kendaraan hidung di colok, mulut di lakban masker. Begitu dahsyatnya catatan zaman serba tak nyaman. 


"Alhamdulillah tahun 2023 alam kembali bersahabat. Semua makhluk hidup bernafas lega. Maka tak ayal semua kegiatan yang selama tiga tahun “terlarang” menjadi benderang.

Ibarat air tertahan dalam selang itu kini jebol lancar, "ujar Wabup Bagus Santoso, Selasa (25/04/23) saat mengenang pawai takbir di malam Idul Fitri 1444 H, Jum'at (21/04/23) malam kemarin.


Maka tak heran, pawai takbiran dan tradisi balik kampung lebaran menjadi “pelampiasan”. Jalanan macet, antrian penyeberangan armada ro-ro panjang warga tetap tersenyum. Di sebalik Co -vid celaka itu ternyata banyak sekali hikmahnya. 


Ruas jalan Kota Bengkalis pada hari- hari biasa lengang berubah riuh. Pawai takbir mengagungkan kebesaran Tuhan dijadikan sarana silaturahmi sekaligus hiburan bersama karib kerabat.


Warga dari penjuru kampung “ tumplek blek” menyesak tertahan di setiap ruas jalan masuk ke Kota. Mereka cukup puas dan bahagia melihat iring-iringan peserta pawai takbiran dari kejauhan. 


Peserta pawai tampil begitu atraktif dilepas secara resmi Wabup Bagus Santoso bersama Kapolres Setyo Bimo, Dandim Endik Yunia, Ketua LAM Datuk Zainuddin, Ketua MUI Buya Amrizal dan Plt Sekda Ersan. Beraneka ragam

Miniatur masjid serta penampilan budaya menjadi aksi memukau indah dipandang mata.


Sedikitnya peserta dari 20 Rumah Ibadah terdiri dari 12 masjid,  8 mushalla  serta Perangkat Daerah (OPD) dengan kekuatan jumlah peserta gabungan mencapai ribuan tampil luar biasa. 


Ramainya peserta dan riuhnya masyarakat membut iring-iringan pawai takbir berlangsung hingga larut malam. Padahal diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 1 jam dengan rute Jalan Jendral Sudirman, Cokro Aminoto,  Hang Tuah, Patimura  kembali ke titik kumpul Jalan A Yani Lapangan Tugu. Kemeriahan juga sama berlaku di wilayah Bengkalis Daratan Kota Duri.


Pemkab Bengkalis tidak menyia-nyiakan momentum suka cita tahun 2023. Maka tidak seperti biasanya pawai takbir dan Sholat hari raya Idul Fitri pemkab menggelar pada dua tempat yaitu Ibukota Bengkalis di Lapangan Tugu sebagai representasi keinginan warga yang tinggal kawasan Pulau dan Kota Duri kawasan daratan.


Momen Sholat Idul Fitri, Pawai Takbiran dan Open House kawasan daratan langsung bersama Bupati Kasmarni. Sedangkan pelaksanaan di Pulau bersama Wabup Bagus Santoso. 


Mari bersyukur atas karunia Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segalannya. Mengutip sebait lagu yang dinyanykan D’masiv hahwa Syukuri apa yang ada, Hidup adalah anugerah, Tetap jalani hidup ini, Melakukan yang terbaik. 


"Minal Aidzin Wal Faidzin, Ikan Kakap Ikan Patin, Mohon Maaf Lahir dan Batin,  "tutup wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso.** infotorial.

TerPopuler