Pemilu 2024, Bawaslu Bengkalis Temukan 879 DPS Ganda, Terbanyak di Pinggir -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Pemilu 2024, Bawaslu Bengkalis Temukan 879 DPS Ganda, Terbanyak di Pinggir

, Mei 05, 2023
Ilustrasi


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Terdapat sekitar 879 data ganda dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 mencakup elemen data nama, usia, kecamatan, kelurahan/desa, RT/RW dan TPS, yang telah diumumkan KPU Bengkalis belum lama ini.


Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin melalui anggota, Usman, bahwa kegandaan dalam DPS itu, ditemukan tersebar hampir di setiap kecamatan di kabupaten Bengkalis.


"Soal ini, kita sudah melayangkan surat ke KPU Bengkalis agar untuk segera dilakukan perbaikan dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), "ujar Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bengkalis ini, Jum'at (05/05/23).


Disampaikan, pihak Bawaslu meminta agar dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih di Kabupaten Bengkalis dilakukan dapat maksimal, agar yang memiliki hak pilih tetap terjaga (terdaftar sebagai pemilih). 


"Begitu juga dengan pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pemilu 2024, kiranya dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya, "terangnya lagi.


Ini data ganda DPS yang ditemukan Bawaslu Bengkalis mencakup kesamaan nama, usia, kecamatan, kelurahan/desa, RT/RW dan TPS, di kecamatan Pinggir ada 284 pemilih. 


Kemudian untuk di kecamatan Bathin Solapan 243 pemilih, Mandau 76 pemilih, Bengkalis 76 pemilih, Rupat 58 pemilih, Bantan 50 pemilih, Talang Muandau 28 pemilih, Rupat Utara 24 pemilih, Bandar Laksamana 18 pemilih, Siak Kecil 14 pemilih dan Bukit Batu 8 pemilih.


Dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang dilakukan KPU Bengkalis ini, Bawaslu mengimbau kepada masyarakat luas untuk dapat memberikan masukan dan tanggapan. 


"Bagi masyarakat punya hak pilih tapi belum terdaftar, sekiranya bisa melapor ke penyelenggara Pemilu atau melalui Posko Pengaduan Bawaslu Bengkalis, dan pengawas Pemilu yang telah disediakan pada di tiap kecamatan, "ujar Usman.**

TerPopuler