Wabup Bagus Maknai Guru Kencing Berdiri Anak Kencing Berlari' -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Wabup Bagus Maknai Guru Kencing Berdiri Anak Kencing Berlari'

, Juni 04, 2023
Foto istimewa


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Dr Bagus Santoso menghimbau dan mengajak  seluruh Kepala Sekolah dan Guru mengikuti PSP (Program Sekolah Penggerak) sehingga fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter. 


Hal tersebut disampaikan Wabup Bagus Santoso pada acara pelepasan Siswa - Siswi kelas IX SMPN 3 Bengkalis di Gedung Cikpuan, Minggu (03/06/23).


Menurut Wabup, untuk berhasil melahirkan sumberdaya handal, mencetak anak- anak yang cerdas dibutuhkan Guru cerdas. Pepatah bijak mengatakan guru kencing berdiri, murid kencing berlari. 


"Kalau Guru Tangkas murid juga Tangkas sebaliknya jika Guru tak pandai maka muridnya “Manai” pemalas, "ujarnya. 


Himbauan tersebut ditegaskan terkait dengan masih minimnya jumlah Sekolah dan Guru yang terdata mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Bengkalis yaitu baru 6 sekolah dari sekitar 680 sekolahan dan 118 Guru dari 2.778 jumlah total Guru di Kabupaten Bengkalis. 


Padahal Pemkab Bengkalis menjadikan pembangunan bidang pendidikan prioritas utama dengan alokasi anggaran melampaui mandatori (kewajiban) yang ditentukan lebih dari 20 persen dari jumlah anggaran APBD.


“Untuk menggaji guru saja setiap tahunnya diatas Rp 500 miliar. Belum lagi untuk infrastruktur dan sarana prasarana lainnya, "imbuhnya.


Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Dimulai dengan SDM yang unggul dari kepala sekolah dan guru. 


Seperti pada acara perpisahan di sekolah lainnya Wabup mengajak siswa-siswa untuk tanya jawab sekaligus memotivasi serta memberikan hadiah cinderamata bagi siswa yang berani dan berhasil menjawab pertanyaan seputar kearifan lokal, pendidikan Kabupaten Bengkalis.


Pelepasan siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 3 Bengkalis berlangsung meriah dengan adanya penampilan tari persembahan dan pertunjukan pencak silat dari siswa-siswi SMPN 3 Bengkalis. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Mutu Saily, Camat Bengkalis Taufik Hidayat dan orang tua/ wali murid dan tamu undangan lainnya.**

TerPopuler