Ikuti Ajang KIA 2023, Kadin Bengkalis Sambut Tim Penilai Dari Pusat -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Ikuti Ajang KIA 2023, Kadin Bengkalis Sambut Tim Penilai Dari Pusat

, September 30, 2023
Paparan Program Kadin Bengkalis


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bengkalis menyambut kedatangan Kadin Indonesia yang sedang melakukan roadshow sebagai rangkaian proses penjurian Kadin Impact Award (KIA) se-Indonesia, Sabtu (30/09/23).


Kedatangan Tim Juri KIA 2023 Parlin Pasaribu dan Ferry Rijal wakil ketua Kadin Kalimantan Selatan yang di sambut Ketua Kadin Riau, Masuri SH dan Ketua Kadin Bengkalis Muhammad Ridho Nosa di Sekretariat jalan Hassanudin Bengkalis.


Dalam kunjungan ini, Kadin Indonesia menyaksikan dan merasakan inisiatif Kadin Bengkalis dalam mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan memanfaatkan platform marketplace lokal, Soodu.id.


Program unggulan ini merupakan satu satunya Kadin se Riau yang ikut ajang Kadin Impact Award 2023 adalah Digitalisasi UMKM Daerah melalui Platform Marketplace Lokal Soodu.id. Kolaborasi Kadin Bengkalis dan Soodu.id ini menjadikan teknologi digital semakin inklusif sekaligus membuka pasar yang lebih luas bagi UMKM di Kabupaten Bengkalis.


CEO & Founder Soodu.id dan Ketua Kadin Bengkalis, Muhammad Ridho Nosa menjelaskan bahwa program kerja sama antara Kadin Bengkalis dan Soodu.id mulai dijalankan sejak 5 Mei 2020. 


Program ini dilaksanakan melalui sosialisasi door to door dari desa ke desa untuk memperkenalkan pentingnya digitalisasi bisnis melalui 5+1 Sub program dari Soodu.id yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM.


Seperti Toko Online dan Pasar Digital Soodu.id, SooduMall Pusat Produk Unggulan, Soodumerchant (wadah berkumpul UMKM untuk membangun jejaring dengan tagline #pahlawanUMKMDaerah).


Kemudian, Soodupedia (layanan edukasi dan literasi digital bagi UMKM), Soodupos (layanan pencatatan keuangan digital bagi UMKM), dan Soodublog (publikasi berita terkini terkait program ini, artikel menarik, dan tips trick untuk UMKM go digital).


Berdasarkan data per 15 Juni 2023, sosialisasi door to door dari desa ke desa melalui sub program Soodupedia telah berhasil menjaring 621 pengguna yang membuat akun di Soodu.id untuk membuka toko online pribadinya dan ada sekitar 1073 jenis produk UMKM yang beredar di Soodu.id. 


"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya bersama untuk memberdayakan UMKM melalui teknologi digital, "kata Ketua Kadin Bengkalis Ridho memaparkan.


Adapun dampak dari program kolaborasi Kadin dan Soodu.id ini bisa dilihat dari sejumlah indikator (data 12 Mei 2022) antara lain jumlah pengunjung mencapai 87.834 orang, 427 mitra, 848 Stock Keeping Unit (SKU), 129.780 view produk, 37.714 permintaan dengan 80% terjual dan gross merchandise value (GMV) Rp1.5 miliar.


Sementara itu Ketuu Kadin Riau, Masuri mengatakan,  bahwa latar belakang program kolaborasi dengan Soodu.id adalah banyaknya UMKM di Kabupaten Bengkalis yang belum siap memaksimalkan penggunaan akses platform digital. 


“Ada tiga penyebab yang mendasari kehadiran Soodu.id yaitu rendahnya literasi para pelaku UMKM Bengkalis mengenai pasar digital, branding produk yang belum memadai, serta kurangnya inovasi produk, jelasnya. 


Untuk mengatasi hal ini, UMKM Bengkalis diharapkan berkembang di pasar digital dan dapat mendongkrak perekonomian daerah. Dan sebagai  langkah penting untuk menciptakan lahan bisnis lokal yang lebih digital, inovatif, dan kuat, serta berdampak positif pada ekonomi.


Di sisi lain, Pelaksana Tugas Harian Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan, mengapresiasi upaya Kadin Bengkalis yang secara proaktif mengedukasi, mendorong dan menjembatani UMKM agar bisa terhubung dengan ekosistem digital. 


"Setelah bergabung dalam marketplace digital, UMKM di Bengkalis kini memiliki peluang yang lebih besar untuk melebarkan pasar dan mengembangkan usahanya, "terangnya.**

TerPopuler