Wabup Bagus Tinjau Pelaksanaan ANBK Tingkat SMP, Pastikan Berjalan Lancar -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Wabup Bagus Tinjau Pelaksanaan ANBK Tingkat SMP, Pastikan Berjalan Lancar

, September 18, 2023
Wabup Bagus Santoso sedang mencairkan suasana tegang para pelajar yang sedang melanjani ANBK

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santosa meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 yang diselenggarakan secara serentak  se-Indonesia mencapai 113 SLTP termasuk di kabupaten Bengkalis, Senin (18/09/23).


Sekolah yang ditinjau oleh Wabup Bagus Santoso mewakili Bupati Kasmarni diantaranya di SMPN 01, SMPN 02 dan SMPN 04, yang dalam program ANBK 2023 ini terlaksana selama dua hari, dan peserta dari siswa siswi dengan diseleksi secara acak oleh Kementerian Pendidikan RI berdasarkan Depodik siswa. Dan tiap sekolah maksimal 45 siswa.


Dalam hal ini, Bagus Santosa berharap para siswa yang mengikuti ANBK, bisa mengikuti dengan lancar dan tidak ada kendala terutama dalam hal komputer dan kesiapsiagaan listrik apa bila ada mati lampu. 


"Dengan diadakan ANBK akan menentukan peringkat satuan pendidikan atau sekolah dan Ujian Nasional (UN) sudah tidak lagi dilaksanakan dan ketentuan kelulusan dari sekolah masing-masing, "beber Bagus Santosa didampingi Sekretariat Disdik, Muthu Saily, Sekertaris Diskominfo Adi Laksono dan BKD Bengkalis, Nurkamarzaman.


Bugus berharap, pihak sekolah atau kepala sekolah bisa membuat suasana sekolah lebih nyaman dan asri terutama dari tumpukan batu dan kayu berserakan di sudut sudut sekolah.


Dari pantauan, antusias para pendidik dan anak didik yang ditemui Bagus Santosa beserta rombongan sangat baik terutama wakil Bupati dengan mudah mencairkan suasana menjadi santai.


Badan Penjamin Mutu Pendidikan BPMP Riau telah mengeluarkan peringkat satuan pendidikan menengah kabupaten Bengkalis nilai 56 masih dibawah satuan pendidikan menengah se propinsi Riau.


Muthu Saily menambahkan penilaian mutu pendidikan dilaksanakan tahun 2022 diharapkan dengan mengikuti ANBK bisa meningkatkan peringkat sekolah menengah.


"Diharapkan hasil ANBK ini dapat meningkatkan mutu sekolah dan Pemkab Bengkalis sudah memberikan anggaran yang besar di sektor pendidikan dengan itu para pendidik dan anak didik di kabupaten Bengkalis mendapatkan prestasi yang baik," ujar Muthu Saily.


APBD Bengkalis 11 Milyar untuk PPPK guru

ASN dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di kabupaten Bengkalis mencapai 2192 orang guru dan APBD kabupaten Bengkalis tiap bulan menggelontorkan Rp.11 Milyar dan total tiap tahun mencapai Rp. 132 Miliar untuk gaji guru PPPK.


"Sudah dua tahun terakhir ini kita memberikan gaji untuk PPPK guru se kabupaten Bengkalis 2192 guru mencapai Rp. 11 miliar perbulan dan masih ada guru honorer mencapai 502  orang yang belum PPPK diharapkan tahun ini dan kedepannya bisa menjadi ASN dari PPPK, "terang Muthu Saily.


Pemerintah daerah kabupaten Bengkalis mendapatkan beban dengan adanya penggajian PPPK guru mencapai 132 Miliar di APBD tiap tahun untuk belanja modal dan belanja operasional menjadi berkurang.**

TerPopuler