BCN Sosialiasi Pelaku UMKM se-Kecamatan Bengkalis, ini Harapannya -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

BCN Sosialiasi Pelaku UMKM se-Kecamatan Bengkalis, ini Harapannya

, Oktober 10, 2023
Ketua BCN Riza Zulhelmi saat menyampaikan pemahaman terhadap pelaku UMKM


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Dalam upaya mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tiap Desa/Kelurahan, Bengkalis Creative Network (BCN) menggelar sosialisasi dalam penguatan kolaborasi pengembangan ekonomi kreatif di aula kantor Camat Bengkalis, Selasa (10/10/23).


Selain menggelar roadshow sosialisasi keberadaan BCN di Bengkalis, juga membuka layanan pengurusan sertifikasi halal untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kecamatan Bengkalis.


Kegiatan ini, telah dilaksanakan secara keliling di seluruh kecamatan se Kabupaten Bengkalis. Sedangkan kali ini untuk pelaku UMKM se Kecamatan Bengkalis, dan akan disusul kecamatan Bantan.


Terkait hal ini, Ketua BCN Riza Zulhelmi mengatakan bahwa, roadshow sosialisasi itu merupakan program kerja BCN di tahun 2023 dengan tujuan agar masyarakat Bengkalis khususnya pelaku UMKM Bengkalis memahami keberadaan BCN di Bengkalis. Serta bisa menjalin kolaborasi untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang ada di Bengkalis.


"Ini merupakan program kita tahun 2023, sudah kita lakukan di sembilan kecamatan di Bengkalis, terakhir di Kecamatan Bengkalis dan Bantan nantinya, "terang Riza.


Jelaskan, kesempatan ini juga pihaknya memfasilitasi UMKM agar bisa memiliki sertifikat Halal. Untuk pengurusannya BCN bekerjasama dengan Wali Songo Halal Center.


"Untuk peserta UMKM yang hadir pada kesempatan ini, kita akan memfasilitasi untuk mendapatkan sertifikat halalnya. Mereka yang mengajukan akan kita verifikasi persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk pengurusannya, "ungkapnya.


Selain itu BCN juga akan memfasilitasi foto produk yang diajukan sertifikasi halalnya. Serta persyaratan lainnya dan akan diproses lebih kurang tiga bulan.


"Nantinya yang mengajukan sertifikasi halal hari ini, sertifikatnya akan terbit di bulan Januari mendatang. Setelah terbit akan kita bagikan langsung kepada UMKM yang telah mengurus, "tambahnya.


Menurut dia, saat ini kuota sertifikasi halal produk UMKM sekitar 250 ribu gratis yang disediakan pemerintah pusat. BCN berkomitmen membantu pemerintah untuk menghabiskan kuota yang tersedia ini.


Untuk sosialisasi di Bengkalis hari ini diikuti sebanyak 30 UMKM serta juga dari desa dan Kelurahan di kecamatan Bengkalis. Pihaknya berharap peserta yang belum memiliki sertifikat halal pada produknya bisa memanfaatkan kesempatan yang difasilitasi BCN.


Riza mengimbau pelaku UMKM lainnya yang ingin mengurus sertifikat halal bisa juga langsung menghubungi BCN untuk difasilitasi pembuatannya. Mumpung tahun ini pemerintah masih menyediakan kuota pengurusan sertifikat halal secara gratis.


"Tahun depan pembuatan sertifikat halalnya sudah berbayar. Mumpung masih gratis UMKM yang ada di Bengkalis bisa menghubungi kita untuk difasilitasi pembuatannya, masih ada waktu sekitar tiga bulan lagi sampai akhir tahun ini, "jelasnya lagi.**

TerPopuler