Puluhan Ribu Bibit Sawit Disalurkan Disbun Bengkalis ke Poktan -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Puluhan Ribu Bibit Sawit Disalurkan Disbun Bengkalis ke Poktan

, Oktober 18, 2023
Foto bersama


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Melalui Program unggulan, Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Bengkalis turunan dengan visi misi Bupati Bengkalis Kasmarni bermarwah maju dan sejahtera (Bermasa), lebih kurang 30.000 bibit sawit berkualitas dan bersertifikat disalurkan ke 14 kelompok tani (Poktan) pada tahun 2023 ini.


Diantaranya, pada Rabu (18/10/23) siang, penyaluran bantuan bibit sawit bersertifikat tersebut kepada Poktan Sepakat Jaya, Dusun Sepakat, Desa Bantan Tengah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, sebanyak 2.533 batang.


Meskipun tidak ada pendampingan secara khusus, namun penyerahan ini juga turut disaksikan oleh aparat penegak hukum (APH) dari Polres Bengkalis.


 Bibit sawit berkualitas yang telah diterima itu, para Poktan dan anggotanya diingatkan menjaga dan merawat agar tumbuh dengan baik.


"Setelah diterima bibit berkualitas dan bersertifikat ini, agar para kelompok tani untuk mengeceknya. Bibit yang tidak sesuai atau rusak diasingkan untuk segera diganti," ungkap Kepala Disbun Bengkalis Mohammad Azmir melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Perkebunan, Marhalim disela-sela penyerahan bibit.


Lebih lanjut dijelaskan Halim, puluhan ribu bibit yang disalurkan untuk belasan Poktan itu merupakan program untuk memfasilitasi para petani, agar memperoleh bibit sawit yang berkualitas dan bersertifikat.


"Selama ini petani menanam bibit yang kurang berkualitas karena ketidaktahuan. Melalui program bantuan bibit berkualitas ini, kedepan diharapkan bisa meningkatkan pendapatan melalui panen hasil sawit yang maksimal, "imbuhnya.


Bibit yang diserahkan, juga dilarang untuk diperjualbelikan sebagaimana yang telah disepakati dalam surat berita acara penyerahannya.


Buniran, Ketua Poktan Sepakat Jaya mengaku sangat senang karena usulan untuk memperoleh bibit sawit berkualitas dan bersertifikat sudah terwujud.


Ribuan bibit sawit yang diterimanya itu akan dibagikan kepada seluruh anggota untuk ditanam ke lahan seluas 24,5 hektar.


"Perasaan saya, wah senang sekali, dengan adanya bibit berkualitas ini nanti akan ditanam dan lima tahun mendatang mudah-mudahan bisa panen melimpah serta meningkatkan pendapatan kami, "harapnya.**

TerPopuler