Tekan Abrasi, Polres Bengkalis Tanam Mangrove di Pesisir Selatbaru -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Tekan Abrasi, Polres Bengkalis Tanam Mangrove di Pesisir Selatbaru

, Oktober 13, 2023
Di sepanjang pesisir Pantai Selanbaru ditanami mangrove 


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Dalam rangka HUT Humas Polri ke 72, Polres Bengkalis menggelar kegiatan sosial dengan melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Selatbaru, kecamatan Bantan, kabupaten Bengkalis, Jum'at (13/10/23).


Penamanan mangrove ini diikuti oleh jajaran Polres Bengkalis bersama warga setempat, dengan menyediakan 500 bibit ditanam pada sepanjang pesisir pantai Selatbaru, yang merupakan selat Malaka perbatasan dengan negara Malaysia. 


Menurut Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, bahwa penanaman mangrove ini merupakan sebagai upaya pelestarian lingkungan untuk mencegah abrasi yang semakin hari makin parah. 


"Kegiatan ini bukan sebuah tindakan simbolis. Ini adalah upaya konkret untuk melindungi ekosistem pesisir yang rentan terhadap dampak perubahan iklim, termasuk kenaikan permukaan laut dan cuaca ekstrem yang mengakibatkan abrasi, "terang Kapolres.


Dijelaskan, pohon mangrove memiliki kemampuan unik untuk menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara, dan menyimpannya dalam tanah dan di akar. Ini adalah langkah penting dalam mitigasi perubahan iklim yang terus berkembang. 


Selain itu, hutan mangrove juga bertindak sebagai filter alami, membantu membersihkan air yang mengalir ke laut, dan memelihara keanekaragaman hayati dengan menyediakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk ikan, burung, dan hewan liar lainnya.


"Kami sebagai penegak hukum memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan tempat bertugas. Dan dalam hal ini dengan melibatkan masyarakat tempatan, "tutup Kapolres.**

TerPopuler