Satu Armada Ditambah Untuk Penyeberangan RoRo Bengkalis-Pakning -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Satu Armada Ditambah Untuk Penyeberangan RoRo Bengkalis-Pakning

, November 22, 2023

 

Pelabuhan RoRo Bengkalis-Pakning

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Untuk mengantisipasi antrian panjang, Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis melakukan penambahan armada kapal yang melayani lintasan penyeberangan Sungai Selari ke Pulau Bengkalis. 


Demikian yang Plt Kepala Dishub Bengkalis Muhammad Adi Pranoto, bahwa penambahan armada ini juga dalam merangka menyambut agenda Natal dan tahun baru (Nataru) yang biasanya memang terjadi lojakan pengguna saja penyeberangan. 


"Saat ini armada yang melayani penyeberangan Sungai Selari - Bengkalis ada tujuh kapal, dengan penambahan kapal baru nantinya menjadi delapan kapal, "terangnya, Rabu (22/11/23) siang. 


Menurut Adi, penambahan kapal baru ini sebenarnya sudah diupayakan oleh Kadishub sebelumnya, baru bisa dilaksankan saat dirinya menjabat Plt Kadishub Bengkalis. "Pihak ASDP Batam sudah menyetujui penambahan armada baru yang melayani perlintasan Sungai Selari - Bengkalis. Kapal tambahan tersebut yakni KMP Teluk Singkil," tambahnya.


Adi mengatakan, pihaknya beberapa hari lalu sudah meluncur ke Batam untuk melakukan pengecekan fisik armada kapal RoRo yang akan dioperasikan di Bengkalis. Dari pengecekan KMP Teluk Singkil itu sarana prasarananya cukup lengkap.


"Semuanya kita cek, sarana prasarananya lengkap, kapal yang akan di tempatkan di Bengkalis ini memiliki kapasitas sebesar 20 sampai 25 unit kendaraan mobil. Serta mampu menampung penumpang sekitar 296 orang, di dalamnya untuk ruang tunggu penumpang ada sebanyak 3 tempat, ada ruang tunggu ekonomi, ruang tunggu ibu dan anak lengkap dengan fasilitas tempat tidurnya, serta ruang tunggu VIP yang lengkap dengan pendingin ruangannya, "beber Kadishub.


Jika dibandingkan dengan sarana prasarana armada RoRo yang sudah beroperasi di Bengkalis saat ini, armada baru ini jauh lebih baik. Lebihi kondisi kapal RoRo Swarna Putri yang merupakan armada sarana prasarana  terbaik yang melayani penyeberangan Sungai Selari - Bengkalis.


"Saya kemarin langsung turun melihat kondisi kapal, fasilitasnya sangat bagus, apalagi dibandingkan dengan fasilitas kapal Swarna Putri yang saat ini terbaik fasilitasnya untuk kapal litasan Bengkalis - Sungai Selari, "tambahnya.


Target Kadishub armada baru ini akan masuk lintasan penyeberangan Bengkalis - Sungai Selari pada Desember mendatang. Untuk izin operasional dari Bupati Bengkalis sudah ditandatangani pada pekan kemarin.


"Tinggal pengurusan kuota BBM untuk kapal ini saja lagi oleh pihak ASDP selaku operator kapal di BPH Migas puat. Mereka sudah menyurati menunggu kuota BBM turun, namun kita juga akan bantu jemput bola Senin besok kita ke BPH Migas membawa surat izin operasional yang sudah ditanda tangani Bupati Bengkalis, "tutupnya.**

TerPopuler