Desa di Pulau Rupat Juara Satu Sebagai Desa Wisata di Riau -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Desa di Pulau Rupat Juara Satu Sebagai Desa Wisata di Riau

, Desember 03, 2023
Foto Istimewa


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Desa wisata Tanjung Punak kecamatan Rupat Utara, kabupaten Bengkalis Riau meraih juara 1 tingkat Provinsi Riau berupa anugrah desa wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.


Penganugrahan berlangsung pada Sabtu 2 Desember 2023 malam bertempat si pusat wisata kuliner Riau Garden Jalan HR. Subrantas Pekanbaru hal ini sebagai wujud apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2023.


Acara tersebut ditaja oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen dan turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmad, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan Penggiat Pariwisata Provinsi Riau dan Pertamina Hulu Rokan.


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmad mengatakan bahwa hasil penilaian adalah murni dilakukan oleh Dewan Juri Lomba yang terdiri dari berbagai elemen pariwisata, seperti Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata  Riau, Asesor Tingkat Nasional dan Praktisi Pariwisata. 


"Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memberikan apresiasi bagi pegiat wisata dan untuk memotivasi agar selalu menggali potensi wisata di Riau, dan kita juga menghadirkan juri yang sesuai bidangnya mulai dari perguruan tinggi, asesor tingkat nasional dan praktisi pariwisata, "ujar Roni Rahmat dalam sambutannya.


Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis yang diwakili Kepala Bidang Pariwisata, Alwizar menyebutkan bahwa salah satu desa di kabupaten Bengkalis yakni desa tanjung punak kecamatan Rupat Utara berhasil meraih terbaik ke 1 sebagai desa wisata Riau 2023.


" Alhamdulillah kabupaten Bengkalis berhasil menjadi terbaik 1 tingkat provinsi Riau sebaai desa wisata terbaik, "terang Alwizar Minggu (03/12/23).


Sementara itu di posisi ke II di raih Desa Pebaun Hilir Kabupaten Kuantan Singingi dan Desa Koto Ruang Kabupaten Rokan Hulu sebagai Juara III ungkap Alwizar.


Dikatakan Alwizar bagi Kabupaten Bengkalis prestasi Tahun 2023 ini merupakan prestasi dua tahun berturut-turut karena  pada tahun 2022 Desa Wisata Bukit Batu telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Begkalis dengan prestasi tingkat nasional.


"Ini yang kedua kali diraih kabupaten Bengkalis sebelumnya pada tahun 2022 desa bukit batu meraih peringkat nasional dan kali ini Alhamdulillah tingkat provinsi diraih oleh Kecamatan Rupat Utara, "atanya.


Ditambahkannya dalam pengembangan desa wisata ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis berfungsi sebagai regulator, yaitu menstandarisasi Desa Wisata sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan Permenparekraf Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.


“Fungsi yang kedua adalah sebagai fasilitator, yaitu memfasilitasi peningkatan kompetensi SDM pengelola dan pelaku usaha pariwisata di Desa Wisata seperti mengadakan pelatihan-pelatihan, "jelas Alwizar.


Untuk aspek aksesibilitas Desa Wisata dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sedangkan pengembangan aspek amenitas dan atraksi Desa wisata dilakukan oleh Pemerintah Desa dengan berpedoman kepada Permendesa PDTT Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Permendagri 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa.


“Apalagi di kabupaten Bengkalis ini Bupati Kasmarni, S.Sos.,MMP membuat kebijakan strategis melalui program bantuan keuangan Rp1 miliar 1 desa BERMASA bertujuan agar desa dapat terus bergeliat membangun desanya, terciptanya desa mandiri, maju dan sejahtera ini dapat digunakan untuk membangun sektor pariwisata di desa yang bersifat investasi jangka panjang, "papar Alwizar.


Untuk mensuskeskan pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Bengkalis ini, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis telah mengarahkan untuk menyusun Buku Pedoman Desa Wisata Kabupaten Bengkalis yang berisi pedoman tentang pengusulan, penetapan dan pengelolaan desa wisata.**

TerPopuler