Petugas Damkar Padamkan Api Dengan Panjat Tembok Penjara -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Petugas Damkar Padamkan Api Dengan Panjat Tembok Penjara

, Januari 30, 2024
Foto Istimewa

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Di pagi cerah kawasan Bengkalis Kota dengan disertai terbitnya matahari dari ufuk timur, sebagai pertanda dimulainya berbagai aktifitas masyarakat di sana.


Pemandangan ini lain halnya dengan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkalis, mereka selalu siap siaga pada setiap saat untuk segera turun ke lapangan dalam melayani masyarakat.


Seperti halnya pagi ini pukul 06.40 WIB, Selasa (30/01/24), ketika seorang warga Bengkalis Kota melaporkan telah terjadi kebakaran di lahan dalam pelataran penjara lama jalan Pahlawan, tim regu Damkar yang bermarkas di Kantor Damkar Bengkalis jalan A. Yani, dengan sigap langsung turun lapangan.


Tim Damkar Bengkalis ini dari Fire dan Rescue Regu 04 Bengkalis yang dipimpin oleh Andi dengan menggunakan kendaraan Mobil Pto menuju lokasi yang jaraknya dari Markas Damkar Bengkalis, tak begitu jauh dengan TKP kurang lebih 4-5 ratus meter.


Sesampai di lokasi, tim langsung menyiapkan berbagai peralatan untuk segera melakukan pemadaman lahan yang bersemak di lokasi penjara lama tersebut, agar api yang sedang membakar semak-semak tersebut tidak merambat ke mana-mana, karena lokasi TKP dekat dengan pemukiman warga.


Dikarenakan posisi semak yang terbakar itu sedikit sulit lantaran ada dinding tembok penjara lama yang telah dibangun oleh para penjajah Belanda, maka dengan terpaksa petugas Damkar menyiapkan tangga untuk bisa memanjat diatas dinding tembok  tersebut.


Setelah berhasil memanjat dinding tembok menggunakan tangga, petugas diatas tembok langsung menyemprotkan air kearah api yang membakar semak-semak. Sehingga tidak memakan waktu lama api langsung bisa dipadamkan.


Terkait hal ini, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis H. Alfakhrurrazy, ST., M. Si mengucapkan syukur Alhamdulilah karena api yang sempat membakar lahan di kawasan penjara lama itu bisa segera di padam oleh timnya, sebelum merambat ke mana-mana karena lokasinya itu dalam pemukiman warga.


"Ini tak lepas dari kepedulian masyarakat yang langsung melapor ke petugas ketika ada peristiwa kebakaran. Artinya kita tidak bisa berbuat banyak dalam menanggulangi kebakaran tanpa ada partisipasi dan kepedulian masyarakat, "ucapnya.


Oleh sebab itu, atas nama Pemkab Bengkalis, H. Alfakhrurrazy, ST., M. Si mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut peduli terhadap bahayanya kebakaran, dengan cara segera melapor jika melihat ada kejadian kebakaran sebelum terlambat.**

TerPopuler