Perangkat Desa Tinjau Usaha Kecilan Berupa Pabrik Tahu di Koto Gasib -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Perangkat Desa Tinjau Usaha Kecilan Berupa Pabrik Tahu di Koto Gasib

, Juni 07, 2024
Peninjauan usaha pabrik tahu

RIAUEXPRESS, SIAK - Perangkat desa bersama RT/RT setempat desa Tasik Seminai KM 10, kecamatan Koto Gasib, kabupaten Siak melakukan peninjauan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berupa pabrik tahu di wilayahnya, Jum'at (07/06/24).


Sejauh ini, usaha rumah tangga kecil-kecilan berupa pabrik tahu di desa tersebut masih dilakukan pengembangan dengan meningkatkan kualitas dan pelanggan oleh pemilik usaha bernama Anwar.


Peninjauan pengecekan usaha kecil-kecilan berupa pabrik tahu tersebut dipimpinan oleh sekretaris Desa (Sekdes) Tasik Seminai, Sunarno didampingi Kadus, ketua RT dan RW setempat.


"Dari hasil pengecekan usaha ini, dalam pengelolaan limbah sudah bisa dibilang bagus, karena dalam pembuangan limbah tidak sampai mengganggu lingkungan, "ujar Sekdes jelang siang tadi.


Kemudian, lanjut dia, usaha pabrik tahu ini semula sudah ada surat izinnya, namun beberapa waktu lalu sesuai keterangan pemilik usaha dibawa oleh karyawannya yang hingga sampai saat ini belum dikembalikan.


'Oleh sebab itu, kita akan membantu mengeluarkan izin usaha kembali dari desa. Dan apabila akan ditingkatkan izinnya sampai Kabupaten itu terserah dari pihak pengusaha. Terpenting izin dari desa harus jelas terlebih dahulu, "tegas Sunarno.


Sementara itu, pengusaha Anwar, bahwa dalam usaha pembuatan tahu itu yang perlu diperhatikan soal pengelolaan limbahnya, agar tidak menggangu lingkungan dan warga sekitar.


"Semisal, limbah jangan sampai dialirkan melalui parit, namun harus dipasang paralon, agar tidak sampai berserakan kemana mana, "terang Anwar.


Di sisi lain, seorang warga setempat Mamak dengan keberadaan pabrik tahu di lingkungannya mengaku tidak merasa terganggu apa lagi meresahkan, justru dimudahkan untuk memasak tahu, karena untuk membeli tidak perlu ke pasar yang jauh jaraknya.**


Laporan: Arifin

TerPopuler