Polair Kembali Buka Layanan bagi Nelayan Bengkalis untuk Miliki Pas Kecil -->

Polair Kembali Buka Layanan bagi Nelayan Bengkalis untuk Miliki Pas Kecil

, Januari 14, 2021

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Bengkalis, telah lama membentuk Forum Kemiktraan Kepolisian Masyarakat/Nelayan Mitra Polair (FKPM/Netral) Perairan, di wilayah Kecamatam Bengkalis, dan Bantan.





Hal ini disampaikan Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, melalui Kasat Polair AKP Rahmat Hidayat, SIK, bahwa berangkat adanya FKPM/Netral perairan ini, pada dasarnya pihaknya membantu para melayan, karena di dalamnya itu yang mengiisi para nelayan.





"Dan dengan adanya FKPM/Netral Perairan ini, kita bisa menampung apa saja keluhan-keluhan para nelayan, diantaranya kita siap memfalisitasi kepemilikan kapal, agar para nelayan yang ukuran maksimal GT 7 untuk bisa memiliki pas kecil, "ungkap Kasat kepada wartawan, Kamis (14/01/21).





Dijelaskan, pas kecil itu nantinya yang mengeluarkan pihak KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan). Sedangkan pihak Satpolair sebatas memfasiltasi terhadap para nelayan di Kecamatan Bengkalis dan Bantan, agar semua nelayan mengantongi pas kecil.





"Banyak manfaat pas kecil ini bagi nelayan. Diantara paling utama yakni sebagai bukti kepemilikan kapal. Sehingga para nelayan akan lebih aman dalam bekerja mencaribikan di laut, "terang dia lagi.





Kemudian, dengan adanya FKPM/Netral Perairan yang telah terbentuk ini, juga sebagai salah satu ajang silaturahmi dan pemersatu bagi seluruh nelayan di Kecamatan Bengkalis, dan Bantan. Sehingga diantara mereka bisa berkomunikasi dengan baik melalui FKPM/Netral tersebut.





"Selanjutnya, dalam bidang pencegahan penyeludupan barang ilegal dari luar negeri, seiring adanya pandemi COVID-19 ini, patroli makin diperketat. Meski begitu kita berharap COVID-19 cepat berlalu, dan kehidupan masyarakat bisa normal kembali, "jelas Kasat lagi.**





Redaktur: Tirawati


TerPopuler