Ikuti Rapat Dengan Menteri Siti Nurbaya, ini Permintaan Bupati Kasmarni -->

Ikuti Rapat Dengan Menteri Siti Nurbaya, ini Permintaan Bupati Kasmarni

, April 11, 2021

RIAUEXPRESS, PEKANBARU - Menteri Lingkungan Hidup dan masyarakat Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menggelar diskusi terbatas di kota Pekanbaru, Riau, yang dihadiri oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, Bupati Siak Alfedri dan Walikota Dumai Faisal, Sabtu (10/04/21) malam.





Dalam rapat terbatas ini, Bupati Bengkalis Kasmarni, menyampaikan berbagai persoalan yang berhubungan dengan lingkungan yang ada di wilayah Kabupaten Bengkalis. Seperti abrasi, kebakaran hutan dan lahan, air bersih dan persampahan. 





Kemudian, Bupati juga menyampaikan persoalan tata ruang yang masih terkendala di Kabupaten Bengkalis. 69,85% atau 603.747,97 hektar luas Kabupaten Bengkalis merupakan kawasan hutan dan 30,15% atau 260.561,11 hektar area penggunaan lainnya (APL).





"Bahwa dari luas wilayah tersebut masih terdapat beberapa persoalan. Pertama masih banyak pemukiman yang berada dalam kawasan hutan, kedua masih banyak fasilitas khusus dan fasilitas umum berada dalam kawasan hutan. Kondisi ini sangat mengganggu Kabupaten Bengkalis dalam penuntasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan pembangunan ekonomi secara umum termasuk realisasi investasi, "terang Kasmarni. 





Tahun 2020 Kabupaten Bengkalis sudah mengajukan Percepatan Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) ke Tim PPTKH Provinsi Riau seluas 148.000 hektar namun yang direkomendasi oleh Tim PPTKH Provinsi hanya seluas 5.790 hektar saja. Masih ada fasilitas umum, rumah, sekolah, perkebunan masyarakat yang belum dapat rekomendasi. 





Mendengar penjelasan Bupati, Menteri LHK Siti Nurbaya yang didampingi wakil Menteri LHK Aue Dohong dan sejumlah pejabat LHK langsung merespon positif dan menginstruksikan tim dan jajarannya untuk menindaklanjuti segera. Politisi Nasdem itu juga meminta untuk daerah aktif menyampaikan informasi daerahnya dan mendorong bersama sama pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan. 





"Karena yang tahu dan benar benar faham wilayahnya adalah para kepala daerah, "tegas Siti Nurbaya.





Tidak menyia -nyiakan kesempatan baik itu, Bupati pada saat bersamaan langsung menyerahkan sejumlah usulan Kabupaten Bengkalis bidang lingkungan kepada Menteri untuk diakomodir ke dalam APBN 2022. Diantaranya pembangunan sejumlah TPS, sarana dan prasarana persampahan dan laboratorium lingkungan hidup. 





Hadir mendampingi Bupati Sekretaris Bappeda Rinto dan Kepala Bidang Infrastruktur dan Prasarana Wilayah Bappeda Muhammad Azmir.**


TerPopuler