Bupati Meranti Buka MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ke-XIII -->

Bupati Meranti Buka MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ke-XIII

, Februari 15, 2022



RIAUEXPRESS, MERANTI - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Buka Secara Resmi Acara MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat Ke-XIII Tahun 1443 H/2022 M Bertema Dengan Pemahaman dan Pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an Menjadikan Masyarakat Maju Cerdas dan Bermartabat Dalam Bingkai Keimanan dan Ketaqwaan di Halaman Masjid Al-Hidayah, Senin (14/02/22) malam.


Turut hadir dalam acara tersebut Kemenag H Sulman, Kapolres Meranti di Wakili, PLT Dinkes M Fahri, Camat Tebing Tinggi Barat Saprizal, Sekda Meranti Bambang Suprianto, Ketua LAMR Riau, PLT Kadis Penanaman modal, PLT Kadis Capil, Kepala Desa Se-Tebing Tinggi Barat, Angota DPRD, Ketua MUI Kabupaten, Kasat Pol-PP Tunjiono.


Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori Tuna Netra Agus Nanda Tampa mengunakan Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan pembacaan Do'a bersama sebelum sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH.


Kemudian laporan Kepala Desa Mekong Lisa Kumala Sari menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan MTQ adalah melakukan seleksi perlombaan Tilawah Al-Qur'an, Murotal Qur'an dan lainya, secara khusus kami ucapkan terima kasih pemerintah kecamatan telah menunjukkan sebagai tuan rumah dalam acara MTQ tahun 2022.


"Kami panitia mengharapkan kepada bapak/ibu dapat mengikuti acara ini sampai dengan selesai sampai pembagian hadiah, kemudian tak lupa saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dan juga secara resmi membuka acara ini, "kata Lisa Kumala Sari.


Kemudian pembacaan surat keputusan oleh Camat Tebing Tinggi Barat Saprizal dan melakukan pemasangan secara simbolis kepada dewan hakim/juri. Dalam sambutannya Saprizal mengatakan bahwa dia berharap MTQ 13 tahun 2022 berlangsung dengan lancar sukses dan aman, Selamat bertanding kepada peserta lomba semoga bisa mengikuti acara ini sampai dengan selesai.



Pada kesempatan itu sebelum melakukan pengarahan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menginformasikan terkait program 7 strategis Bupati/Wakil Bupati kepada masyarakat yang hadir, salah satunya tentang pendidikan kuliah gratis jadi tahun anak-anak meranti akan dikuliahkan di Pulau Jawa di mana tempat fakultas ternama di Indonesia.


Setelah itu program kesehatan tentang berobat gratis masyarakat cukup bawa KTP saja tidak perlu bayar alias gratis dan Pemkab sudah melakukan MOU di beberapa Rumah Sakit di Riau, jadi masyarakat meranti yang diluar jika sakit cukup gunakan KTP saja nantik untuk informasi bisa ditanyakan pada pihak terkait.


Kemudian masyarakat wajib sudah punya data seperti KTP KK dan Akte kelahiran beserta surat nikah yang dimana Pemkab Meranti sudah melakukan pelayanan dengan baik siap dalam satu hari tampa di pungut biaya.


Selanjutnya pengarahan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan bahwa, MTQ ke-13 tingkat Kecamatan yang dilaksanakan dengan sangat meriah, Penyelenggaraan MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat kita tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan juara atau prestasi, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur'an, kita harus menjadikan Al-Qur'an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki serta sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


Sekarang ini masih banyak orang-orang yang mudah mencela, mudah mengumpat, mudah merendahkan orang lain, mudah mengejek, mudah menjelek-jelekkan orang lain, Sopan santun diabaikan. Ungkapan-ungkapan pedas ujaran kebencian yang asal bunyi bertebaran luar biasa, khususnya di media sosial. Oleh karena itu saya berharap agar hakikat, makna dan tujuan MTQ yang kita laksanakan pada malam ini Kita pegang teguh sehingga Al-Quran benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari hari.


MTQ ke-13 tingkat Kecamatan yang dilaksanakan dengan sangat meriah, Penyelenggaraan MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat kita tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan juara atau prestasi, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur'an, kita harus menjadikan Al-Qur'an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki serta sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


Sekarang ini maih banyak orang-orang yang mudah mencela, mudah mengumpat, mudah merendahkan orang lain, mudah mengejek, mudah menjelek-jelekkan orang lain, Sopan santun diabaikan. Ungkapan-ungkapan pedas ujaran kebencian yang asal bunyi bertebaran luar biasa, khususnya di media sosial. Oleh karena itu saya berharap agar hakikat, makna dan tujuan MTQ yang kita laksanakan pada malam ini Kita pegang teguh sehingga AlQur'an benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an ini akan tampil Qori-Qori ah, Hafiz-hafizah terbaik dari berbagai Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya ummat yang unggul, yang kompetitif dan yang berkarakter islami sebagaimana akhlak Desa yang berasal dari Rasulullah.


Dengan demikian penyelenggaran MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca AL-Quran tetapi MTQ ini merupakan suatu ikhtiar kita untuk mengedukasi ummat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, dan yang sangat penting, Sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan muslimah. Kaum muslimin dan dengan pemahaman akhlak.


"Saya yakin, keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati dirn seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah, baik ukhuwah islamiah, ukuwah wathaniah maupun ukhuwan insaniah", ujar H Muhammad Adil SH.


"Pada kesempatan yang baik ini, saya

sampaikan selamat dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi Barat atas antusias nya dalam menyambut penyelenggaraan MTQ ke-13 tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat lahun 2022, "katanya.


Selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran kepada semua peserta, semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam secara damai ditanah air. Bagi Qori' dan Qori'ah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewaki pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten.


Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan terimaksih kepada dewan juri yang sudah diberi kepercayaan untuk menjadi tim penilai perlombaan ini, Seraya memohon ridho Allah SWT, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim.


"Terakhir saya sampaikan kepada masyarakat yang belum sama sekali vaksin silahkan lakukan vaksin, jangan takut saya selaku pemerintah daerah sayang kepada masyarakat jangan sampai terkena Covid-19, jadi anak-anak ibu jangan takut vaksin ayo sama-sama kita lindungi keluarga kita, kalau terjadi apa-apa negara yang bertangung jawab, negara inikan punya hukum jadi jangan takut, "tegas Bupati.


Acara diakhiri dengan pemukulan beduk oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH bentuk secara resmi acara MTQ Tingkat Kecamatan Tebingtinggi Barat Ke-XIII telah dibuka.**Adv


Laporan: Martin Raigon. S

TerPopuler