Selamatkan Kampung dari Abrasi, MA Nurul Hikmah bersama Pemdes Tenggayun Tanam Mangrove -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Selamatkan Kampung dari Abrasi, MA Nurul Hikmah bersama Pemdes Tenggayun Tanam Mangrove

, Mei 28, 2022

Foto bersama


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Pemerintah Desa (Pemdes) Tenggayun, kec. Bandar Laksamana, kab. Bengkalis bersama Madrasah Aliyah (MA) Nurul Hikmah dengan alumni melakukan penanaman mangrove di Pantai Wisata Tenggayun, Sabtu (28/05/22). 


Ratusan batang bibit mangrove jenis bakau ini ditanam yang belum dibangun rural dan pemecah gelombang. Karena diperkirakan dalam setahun di lokasi tersebut terjadi abrasi 1-2 meter. 


"Di lokasi pantai ini sudah terjadi abrasi cukup parah. Bahkan dalam setahun bisa terjadi abrasi 1-2 meter, "jelas Kepala Sekolah (Kepsek) MA Nurul Hikmah Tenggayun Rosdi Zainal SHI.


Dijelaskan, bahwa kegiatan ini dalam rangka memotivasi siswa-siswi untuk peduli dengan lingkungan. Pemupukan rasa peduli ini juga menjadi upaya mencegah abrasi di sepanjang Pantai Tenggayun yang belum diturap. 


Menurut Kepsek, antusias siswa, alumni dan Pemdes sangat tinggi. Dan akhirnya ratusan batang bibit mangrove selesai ditanam dalam waktu satu jam. Diharapkan berhasil tumbuh dengan baik, agar dapat membentengi pantai dari abrasi.


Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tenggayun M Khairil didampingi Ketua Yayasan Nurul Hikmah Maslan, SH mengatakan, bahwa pihaknya mengucapkan tterima kasih kepada pihak sekolah dan yayasan atas kepedulian terhadap kampung.


"Penanaman mangrove ini merupakan momentum awal untuk penyelamatan pantai dari abrasi. Dengan tumbuhnya mangrove di sepanjang Pantai Tenggayun ini akan menjadi benteng dan mencegah dari abrasi, terangnya. 


"Semoga mangrove-nya tumbuh dan bisa menjadi benteng terdepan menahan hempasan gelombang dan mencegah abrasi, "tutupnya.**

TerPopuler