close


Ini Penyebab PLN Lakukan Pemadaman Bergilir di Pulau Bengkalis -->

Ini Penyebab PLN Lakukan Pemadaman Bergilir di Pulau Bengkalis

, Agustus 12, 2022
Perbaikan mesin PLN



RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Disebabkan adanya Major Overhaul (MO) terhadap unit mesin di PLTD Pangkalan Batang yang sudah memasuki periode maintenance, PLN Bengkalis sejak akhir bulan April 202 mengalami kondisi Defisit Daya.

Kegiatan Maintenance terhadap unit mesin PLTD Pangkalan Batang merupakan langkah teknis rutin yang harus dilakukan PLN Bengkalis, karena jam kerja mesin yang non-stop. Dan setiap unit mesin yang akan dilakukan maintenance secara menyeluruh membutuhkan waktu 30 hari kalender. 

Hal ini disampaikan Manager PLN Bengkalis Andiko Bestari, bahwa saat ini PLN melaksanakan maintenance secara bertahap untuk menghindari padam total. Dan diharapkan kegiatan maintenance terhadap 18 unit mesin tuntas pada tahun ini, sehingga kembali bisa melayani seluruh kebutuhan daya masyarakat di pulau Bengkalis. 

"Karena kegiatan maintenance dan Major Overhaul tersebut PLN mengalami defisit daya sebesar 3 (tiga) Mega Watt pada saat beban puncak pukul 17.00 WIB s.d 22.00 WIB. Sehingga PLN melakukan pemadaman bergilir di desa/kelurahan pulau Bengkalis dan pemadaman rutin pada beban puncak untuk pelanggan daya 23.000 VA, "katanya, Jum'at (12/08'22).

Meski begitu lanjut dia, untuk bulan Agustus ini durasi padam bergilir sudah mulai berkurang dibandingkan bulan Juli kemarin, seiring meningkatnya performa mesin yang sudah selesai maintenance. 

Disisi lain untuk rencana jangka pendek PLN akan segera menambah (relokasi) 2 unit mesin dari Banda Aceh dan rencana relokasi mesin dari Bengkulu yang diharapkan dapat terealisasi pada bulan September 2022 sehingga pasokan daya kembali normal pada bulan Oktober. 

Sementara untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan daya masyarakat dan meningkatkan kehandalan listrik di pulau Bengkalis, PLN saat ini sudah mulai bergerak pembebasan lahan untuk membangun jaringan transmisi tegangan tinggi 150 kilo Volt (kV) Dumai-Pakning dan dilanjutkan dengan kabel laut Pakning - Bengkalis. Harapannya proyek Transmisi ini bisa Rampung pada tahun 2023 sehingga seluruh kebutuhan daya masyarakat dan pelaku usaha di pulau Bengkalis bisa terpenuhi. 

"Oleh sebab itu, kami pihak PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat dan pelaku usaha, karena adanya pemadaman bergilir ini. Dan kami juga mohon doa dari masyarakat Bengkalis agar proses maintenance, relokasi dan pembangunan transmisi tegangan tinggi dapat berjalan lancar dan sesuai schedule, "harap dia.**

TerPopuler