Hujan Meningkat, Rendamkan 3 Desa di Siak Kecil, BPBD Turun Tangan -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Hujan Meningkat, Rendamkan 3 Desa di Siak Kecil, BPBD Turun Tangan

, November 12, 2022
Istimewa


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan sungai Siak kecil meluap terdampak 3 desa di kecamatan Siak kecil Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis terus melakukan pemantauan banjir di tiga desa dan membantu mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.


Kondisi banjir di jalan Sudirman dusun Jati Mulyo desa Muara Dua sudah memasuki hari ke- 10. Ketinggian air masih di atas 60 cm. Status siaga.


Demikian yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo pihaknya saat ini masih melakukan pemantauan dan mengevakuasi warga di desa Muara Dua dan desa Bandar Jaya, kecamatan Sial Kecil akibat curah hujan beberapa hari lalu. 


“Hari ke 10, sejauh ini tim BPBD Bengkalis  dan di bantu unsur gabungan masih di lapangan status siaga, akibat curah hujan beberapa hari lalu masih menggenangi rumah warga. Dan ada beberapa warga yang mengungsi tim dari resceu BPBD sudah menyiapkan tenda darurat ,” ungkap Hadi Prasetyo, Sabtu (12/11/22). 


Ia mengungkapkan data yang diterima dari tim di lapangan untuk di desa Muara Dua rumah warga yang masih terendam banjir ada sebanyak 10 kepala keluarga (KK). Sedangkan yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi mencapai 17 KK.


Banjir juga menggenangi wilayah  desa Bandar jaya. Yang memasuki hari ke-7 di Dusun Suka damai, RT 07/RW 04. RT 06/RW 03, RT 08/RW 04. Lebih kurang 45 KK. Dan Dusun Sukajadi.  RT 01/Rw 01, RT04/RW0 2. Rumah terendam banjir 14.KK.


“Saat ini hari ke- 7 kondisi air masih menggenangi dusun suka damai desa bandar jaya,di sebabkan curah hujan yang tinggi dan ketinggian air diatas 60 cm. Penyebabnya  sungai Siak Kecil meluap sehingga aktivitas masyarakat, "tambahnya 


Dijelaskan, Curah hujan tinggi dari tadi malam dalam satu hari sehingga air semakin naik mengakibatkan sekitar 20 KK mengungsi.


Wilayah lain yang terdampak banjir  yang memasuki hari ke- 4, desa Sungai Nibung dusun Sungai Bakung RT 16/ RW 06. Jumlah warga terdampak 109 jiwa sekitar 30 KK.


"Saat ini hari ke-4 kondisi air masih menggenangi di dusun sungai Bakung desa Sungai Nibung kecamatan Siak Kecil,di sebabkan curah hujan yang tinggi, dan salah satu penyebabnya juga di karenakan sungai Siak Kecil meluap, sehingga aktivitas masyarakat terhambat dikarena air tergenang, "ujar Hadi Prasetyo.


Mantan Kadis PUPR Bengkalis ini juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati hati dan tetap waspada dan warga yang akan mengungsi perlu ada jalur darurat ke tempat pengungsian.


“Di perlukan pembuatan jalan darurat untuk aktivitas masyarakat, mengingat semakin meningkatnya pengungsi  dan perlu adanya pembuatan dapur umum membantu masyarakat di tempat pengungsian, "imbuh Hadi Prasetyo.**

TerPopuler