Keahlian Penyembelihan Hewan Kurban Perlu Ditingkatkan, DTPHP Bengkalis Akan Gelar Bimtek -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Keahlian Penyembelihan Hewan Kurban Perlu Ditingkatkan, DTPHP Bengkalis Akan Gelar Bimtek

, Juni 23, 2023
Petugas sedang periksa hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban


RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Bertujuan untuk meningkatkan ahli dalam penyembelihan hewan ternak (sapi, kambing dan kerbau), Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) kabupaten Bengkalis Kabupaten Bengkalis memilki wacana akan membuka pelatihan perobohan dan penyembelihan hewan.


Demikian yang disampaikan petugas DTPHP Kabupaten Bengkalis bagian fungsional medik veteriner ahli muda, dr. Hewan, H. M Mardani, bahwa nanti sasarannya dari para pelaku usaha ternak dan pelaku penyembelihan di setiap desa. 


"Dalam bimbingan teknis (bimtek) nantinya, rencananya kita akan menggandeng Depag, dan MUI, "jelaskan, Jum'at (23/06/23).


Hewan Kurban

Terkait di bulan Idul Adha tahun ini, menurutnyavhewan kurban jenis sapi yang telah tercatat (berlebel) DTPHP dalam wilayah kabupaten Bengkalis berjumlah 2 ribuan ekor. Disusul kambing dan kerbau.


"Lebel berada di punggung hewan kurban tahun ini berbentuk kotak warna biru, "jelasnya. 


Menurutnya, hewan kurban jika dari luar kabupaten Bengkalis, maupun yang melewati selat maupun laut harus lolos dari karantina, serta harus ada rekom kesehatan dari pihak petugas yang berwenang. 


"Artinya, kalau hewan kurban di darat yang mengeluarkan lebel penjaminan layak jadi hewan kurban dan sehat, adalah dokter. Sedangkan dari luar harus ada dokumen, "jelasnya lagi.**

TerPopuler